Tahun Ini Jalan Menuju Bunut Hilir Kapuas Hulu Digelontor Anggaran Rp23 Miliar

Petugas Dinas Perhubungan, sedang mengukur lokasi pembangunan penyeberangan sungai di Silat Hilir wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat – Foto Ant

PUTUSSIBAU – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, kembali membangun ruas jalan Nanga Danau-Bunut Hilir. Kali ini anggaran sebesar Rp23 miliar digelontorkan agar pengerjaan jalan bisa dilakukan di tahun ini.

“Memang untuk jalan menuju Kecamatan Bunut Hilir itu menjadi prioritas pembangunan, dengan kondisi geografis cukup sulit dan memakan anggaran cukup besar,” kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu, Muhammad Kharbi, di Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Kamis (7/1/2021).

Diakui Kharbi, dari 23 kecamatan di wilayah Kapuas Hulu, hanya dua kecamatan yang belum bisa di akses menggunakan jalur darat, yaitu Kecamatan Bunut Hilir dan Kecamatan Embaloh Hilir. Kedua kecamatan tersebut menjadi prioritas pembangunan jalur darat, oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. “Dari pembangunan tahun-tahun sebelumnya, jalan menuju Kecamatan Bunut Hilir sudah tembus, namun perlu peningkatan, begitu juga dengan jalan menuju Kecamatan Embaloh Hilir,” kata Kharbi.

Kemudian, untuk jalan menuju Kecamatan Embaloh Hilir, tahun ini kembali dibangun dengan anggaran sebesar Rp8,5 miliar. “Dua kecamatan itu memang memiliki lahan gambut, sehingga dalam pembangunannya memerlukan penanganan khusus dan anggaran cukup besar,” ucap Kharbi.

Pembangunan ruas jalan di dua kecamatan itu akan ditangani sampai tuntas, agar bisa diakses menggunakan transportasi darat seperti layaknya kecamatan lainnya, yang telah terhubung ke Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu. (Ant)

Lihat juga...