Tenaga Kesehatan di Nagan Raya Aceh Siap Divaksin Sinovac

Ilustrasi.Vaksin COVID-19– Foto Ant

SUKA MAKMUE – Sejumlah pengurus organisasi tenaga kesehatan di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, menyatakan siap untuk disuntik vaksin Sinovac. Hal itu sebagai wujud dukungan kepada pemerintah, dalam hal mengatasi pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Arafik Karim, di Suka Makmue mengemukakan, organisasi yang pengurusnya menyatakan siap divaksin adalah, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Persatuan Terapis Gigi dan Mulut Indonesia (PTGMI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), serta Ikatan Bidan Indonesia (IBI).

“Semua tenaga kesehatan yang tergabung dalam organisasi tenaga kesehatan ini bersedia divaksin Sinovac, apabila vaksin tersebut telah dinyatakan halal dan aman oleh Majelis Ulama Indonesia dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia,” katanya, Sabtu (9/1/2021).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, Arafik Karim – Foto Ant

Kesiapan para tenaga kesehatan untuk divaksin tersebut, sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat di Aceh, termasuk di Kabupaten Nagan Raya, bahwa vaksin tersebut benar-benar aman untuk kesehatan. Selain itu, upaya tersebut sekaligus menindaklanjuti keputusan masing-masing organisasi tenaga kesehatan di tingkat pusat, agar program pemerintah dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apa pun.

Dengan pernyataan sikap kesediaan divaksin tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya mengapresiasi lembaga dan organisasi tenaga kesehatan tersebut. Hal itu diyakini akan sangat berdampak positif terhadap pencegahan penularan COVID-19 di Tanah Air.

Terkait dengan teknis vaksinasi, pihaknya saat ini masih menunggu regulasi dan tata cara pelaksanaan vaksin daru pemerintah pusat. “Secara umum, hanya menunggu pelaksanaan vaksinasi saja, kami sangat mengapresiasi sikap dari organisasi kesehatan di Nagan Raya, karena sudah bersedia divaksin untuk mengatasi penularan COVID-19 di Aceh dan di Tanah Air,” kata Arafik Karim. (Ant)

Lihat juga...