Tim Kakap Merah Bumbu Rempah Sajian Menyehatkan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Sajian olahan hasil laut atau boga bahari memiliki beragam varian salah satunya ikan kakap merah. Nory, warga Kelurahan Bumi Waras, Teluk Betung, Bandar Lampung mengolah ikan berciri khas sirip warna merah menjadi olahan tim kakap merah. Olahan menjadi tim merupakan variasi boga bahari selain hanya digoreng.

Ikan kakap merah atau Lutjanus bitaeniatus menurut Nory menjadi ikan yang digemari. Memiliki daging lembut, bersisik tebal ikan tersebut memiliki rasa yang gurih dan lezat. Membeli ikan kakap merah seharga Rp50.000 perkilogram ia mendapatkan sebanyak empat ekor ikan ukuran 250 gram. Ikan selanjutnya dibersihkan bagian sisik, insang dengan proses penyiangan memakai pisau.

Pembersihan sisik sebutnya masih akan menyisakan bagian kulit berwarna merah. Tekstur lembut kulit kakap merah sebutnya akan menghasilkan sensasi kenyal saat dimasak. Daging kakap merah yang telah disiangi akan dikerat tipis. Sebelum diolah kakap merah yang direndam memakai air jeruk nipis dan garam bertujuan mengurangi rasa amis sekaligus menciptakan aroma wangi.

“Daging ikan kakap merah segar hasil tangkapan dengan proses memancing sebetulnya bisa dimakan mentah dengan memakai jeruk nipis dan kecap tapi saya kerap mengolahnya dengan cara ditim memakai sejumlah bumbu rempah,” terang Nory saat ditemui Cendana News, Sabtu (23/1/2021).

Olahan kakap merah menjadi tim sebut Nory jadi salah satu cara sederhana menyajikan ikan laut. Ikan kakap merah yang telah direndam dalam air jeruk nipis selanjutnya ditiriskan. Sejumlah bumbu rempah pelengkap disiapkan meliputi bawang putih, bawang merah, jahe, kecap asin, saus tiram, lada, gula pasir. Semua bahan tersebut dihaluskan memakai cobek agar tercampur merata.

Proses mengukus atau tim ikan kakap merah oleh Nory warga Kelurahan Bumi Waras, Teluk Betung ,Bandar Lampung dengan bumbu rempah, Sabtu (23/1/2021). -Foto Henk Widi

Proses pengolahan Nory menyebut menyiapkan panci khusus untuk mengukus. Kakap merah sebanyak empat ekor selanjutnya akan dimasukkan dalam kukusan yang telah diisi air panas mendidih. Proses mengukus atau tim ikan kakap merah tidak boleh diaduk menghindari ikan hancur. Campuran berbagai bumbu rpah akan dicampurkan dalam air mendidih agar meresap dalam daging.

“Sebagai pelengkap selanjutnya tuang saus tiram dan kecap bersama irisan bawang bombai, daun bawang, brokoli dan cabai merah,” urainya.

Tanda kakap merah matang terlihat dengan aroma yang sudah menguap dari tutup panci. Tim kakap merah bumbu rempah akan matang dengan kompor memakai api sedang selama setengah jam. Aroma wangi dari berbagai bumbu rempah berpadu dalam daging kakap warna putih dan kulit warna merah. Proses memasak tidak terlalu lama membuat kuliner kakap merah tidak hancur.

Olahan kuliner tim kakap merah sebut Nory cocok jadi sajian kala penghujan. Kala cuaca didominasi hujan dengan udara dingin kehangatan bisa diperoleh dari bumbu rempah jahe, lada dan cabai. Percampuran rasa tersebut akan semakin sempurna dengan tambahan sayur brokoli,daun bawang yang ditaburkan. Selain mendapatkan nilai gizi tinggi dari protein daging kakap merah sayuran bisa menjadi pelengkap asupan vitamin.

“Sebaiknya disajikan selagi hangat agar olahan tim kakap merah bisa terasa kesegarannya dengan kuah kentalnya,” cetus Nory.

Kristina, mengaku menyukai menu olahan boga bahari tim kakap merah bumbu rempah. Meski memiliki duri pada bagian tubuh proses menikmati ikan kakap merah dilakukan dengan hati hati. Pengolahan dengan proses pengukusan atau tim menghasilkan tekstur lembut memudahkan pemisahan daging dengan duri. Kuah saus tiram dan kaldu ikan menambah kelezatan.

“Nasi hangat akan semakin lezat saat disiram kuah yang meleleh sebelum dicampur dengan daging kakap merah,” bebernya.

Menikmati tim kakap merah bumbu rempah sebut Kristina semakin lengkap dengan brokoli dan lalapan timun. Rasa hangat langsung menyeruak setelah menyantap kakap merah dengan kuah hangat. Sajian tersebut cocok disajikan kala udara dingin menambah stamina tubuh yang mudah drop kala penghujan. Daging ikan yang memiliki nilai gizi tinggi menambah kesehatan tubuh saat cuaca tidak menentu.

Harsoyo, pedagang ikan di pelabuhan perikanan Lempasing, Teluk Betung Barat menyebut ikan kakap merah favorit pelanggan. Meski harga lebih mahal dibanding ikan laut jenis lain ciri khas daging tebal dan gurih menjadikan ikan itu banyak dicari. Ia menjual kakap merah seharga Rp50.000 bahkan bisa mencapai Rp70.000 perkilogram. Dalam ukuran sedang satu kilogram berisi empat ekor.

Pasokan ikan laut lancar sebutnya ikut mendorong berkembangnya usaha kuliner boga bahari. Sejumlah warung makan menyediakan tim kakap merah, digoreng dan dibakar. Sejumlah objek wisata bahari yang sebagian telah buka menyediakan warung penyedia menu ikan kakap merah. Sajian tim kakap merah salah satu varian menu yang kerap dibuat warga dari ikan laut tersebut.

Lihat juga...