Tim Sepak Bola NTT di Pon Papua Mulai Lirik Keberadaan Pemain Profesional

Pelatih Kepala Tim sepak bola NTT untuk PON XX Papua, Ricky Nelson, sedang memberikan instruksi kepada para pemain yang memgikuti seleksi di Kabupaten TImor Tengah Selatan (TTS) – Foto Ant

KUPANG – Tim pelatih sepak bola Nusa Tenggara Timur (NTT), saat ini memantau keberadaan tiga pemain profesional, yang bermain di Liga 1 dan Liga 2 Indonesia, untuk masuk dalam skuat yang dipersiapkan untuk turun di PON XX Papua pada Oktober 2021.

“Kami masih mendata pemain profesional yang bermain di Liga 1 dan Liga 2, setelah itu akan kami pilih masuk skuat sesuai dengan kebutuhan,” kata kepala pelatih tim sepak bola NTT, Ricky Nelson, Kamis (31/12/2020).

Apa yang dilakukan tim NTT tersebut berkaitan dengan regulasi dari PB PON, yang mengijinkan tiga pemain profesional untuk memperkuat tim sepak bola dari berbagai daerah, yang turun pada kejuaraan empat tahunan tersebut.

Ricky menyebut, saat ini banyak pemain dari NTT yang bermain di sejumlah klub profesional di Indonesia. Sehingga pihaknya membutuhkan waktu untuk melakukan pendataan. “Ada banyak sih, tapi perlu data dan butuh proses administrasi lagi, karena banyak pemain NTT yang tidak tinggal di NTT,” tambahnya.

Lebih lanjut Ricky menyebut, saat ini sudah ada tujuh nama yang dikantongi. Tetapi mantan pelatih Borneo FC itu tidak ingin menyebut tujuh nama tersebut karena memang masih rahasia. Apalagi, belum bisa memastikan bahwa tujuh nama itu sesuai dengan petunjuk teknis yang sudah ditetapkan oleh PB PON.

Ricky mengaku cukup puas dengan hasil seleksi yang sudah dilakukan selama dua pekan di tiga kabupaten di NTT yakni, Kabupaten Ende, Kabupaten Flores Timur dan kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Kendati demikian, masih banyak yang lini yang harus dibenahi. Oleh karena itu dalam Training Camp (TC), pemain yang lolos seleksi dan tidak mengalami peningkatan akan langsung diganti oleh pemain baru.

Saat ini, pemain yang lolos seleksi sudah mencapai 26 orang. Dan uuntuk selanjutnya akan menjalani TC di 2021. Untuk kepastian TC, tim pelatih masih menunggu keputusan dari Asprov PSSI NTT, KONI serta dengan melihat kondisi pandemi COVID-19. (Ant)

Lihat juga...