Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat, Kampus Dorong Mahasiswa Ikuti Magang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sejumlah kampus di Yogyakarta ikut ambil bagian dalam upaya mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat di tengah pandemi. Salah satunya adalah dengan memodifikasi proses pembelajaran daring bagi para mahasiswa.

Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) misalnya, pihak kampus mengaku, mulai mendorong mahasiswanya untuk kembali dari daerah asal menuju asrama maupun pondokan di wilayah Yogyakarta.

Meskipun tetap menjalankan proses perkuliahan secara online atau daring, para mahasiswa didorong untuk menjalankan kegiatan magang di sejumlah instansi terkait, sesuai bidang keahlian atau jurusan masing-masing.

Selain dapat mengasah kemampuan maupun skill mahasiswa, kegiatan magang ini juga diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan pondokan maupun asrama tempat tinggal mahasiswa.

Wakil Rektor II UCY, Muhammad Zaki Sierrad, SH., CN., MH mengatakan, telah menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga di antaranya OJK DIY, untuk menempatkan para mahasiswa dalam kegiatan magang. Selain itu juga menyusul sejumlah instansi lainnya yang disesuaikan dengan bidang keahlian mahasiswa.

“Dengan sistem ini maka secara bergantian, mahasiswa yang berada di luar pulau, dapat kembali ke DIY, meskipun tetap melaksanakan perkuliahan secara daring. Dengan semakin banyaknya mahasiswa yang kembali ke Yogya diharapkan akan bisa membantu perekonomian masyarakat Yogya yang cukup bergantung dengan keberadaan para mahasiswa,” ungkapnya, Kamis (28/1/2021).

Sementara itu, Wakil Rektor III UCY, Farid Iskandar, SH, SHI, MH menegaskan, kebijakan magang bagi para mahasiswa itu dilakukan sebagai bentuk komitmen UCY yang ingin menjadi solusi bagi masyarakat di tengah masa pandemi ini. Tujuannya tak lain agar perekonomian di DIY secara perlahan bisa tumbuh.

“Paling tidak dengan keberadaan para mahasiswa ini, warung-warung yang ada di sekitar kampus bisa hidup kembali. Meskipun mereka tetap melaksanakan proses pembelajaran secara daring,” ujarnya didampingi Dekan FAI UCY, Drs. Muhammad Nasruddin, M.Ag.

Lihat juga...