Tumis Buncis Campur Wortel Jadi Hidangan Istimewa di Sikka

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Buncis sudah mulai banyak dijual pedagang sayur di pasar-pasar tradisional di Kota Maumere, Kabupaten Sikka,Nusa Tenggara Timur, karena banyak petani yang menanamnya. Buncis  pun menjadi salah satu sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat di Sikka, dengan membuatnya sebagai tumis.

“Untuk membuat sayur tumis buncis campur wortel, pertama-tama siapkan buncis dan wortelnya sesuai takaran yang hendak dimasak,” kata Maria W.Parera, warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (9/1/2021).

Kemudian, lanjut Maria, bersihkan sayur buncis dengan mengeluarkan serat-seratnya, lalu iris tipis-tipis. Kupas kulit wortel dan iris tipis sesuai bentuk yang diinginkan, tapi usahakan ukurannya seimbang dengan buncis.

Selanjutnya, siapkan bawang merah, bawang purih, lombok serta merica secukupnya. Sesudahnya, iris bawang merah, bawang putih dan lombok.

“Tumis bawang merah, bawang putih dan lombok, lalu masukkan buncis yang sudah diiris. Tambahkan sedikit  air, aduk hingga merata dan tutup sayuran tersebut agar cepat matang,” sarannya.

Setelah itu, masukkan wortel dan aduk hingga merata dengan buncis sambil ditambahkan merica dan garam secukupnya. Bisa juga ditambahkan dengan penyedap masakan rasa ayam atau daging sapi.

Dia menambahkan, tutup kembali sayuran tersebut dan biarkan hingga matang, lalu diangkat untuk dikonsumsi.

“Proses memasaknya memang mudah. Namun, untuk membuat rasa sayurannya lebih enak bisa ditambahkan dengan penyedap masakan sesuai selera,” ungkapnya.

Sementara itu, Frederika Usi, salah seorang warga Kelurahan Wairotang, mengaku sayur buncis memang biasa dikonsumsi. Tetapi hanya ditumis buncis, tidak dicampur dengan wortel.

Menurut Frederika, biasanya sayur tumis buncis dan wortel biasa dihidangkan saat acara pesta, seperti pernikahan untuk dikonsumsi bersama ayam goreng.

Ia mengatakan, hampir semua pesta selalu menyediakan sayur tumis buncis dan wortel, karena cocok dikonsumsi bersama ayam goreng.

“Kalau ada pesta, sayuran tumis buncis dicampur wortel memang menjadi salah satu menu yang wajib dihidangkan kepada tamu, bila ada ayam goreng. Masyarakat di kabupaten Sikka maupun beberapa wilayah di NTT sangat familiar dengan sayuran ini,” ungkapnya.

Lihat juga...