Tundukkan Newcastle 2-1, Leicester Kembali ke Posisi Ketiga

Gelandang Leicester City, Youri Tielemans (kedua kiri), melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Newcastle United, dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Newcastle, Inggris, Minggu (3/1/2021) – Foto Ant

JAKARTA – Leicester City, sukses mengamankan kembali posisi ketiga klasemen Liga Inggris, setelah menundukkan tuan rumah Newcastle United 2-1, pada laga pekan ke-17 di Stadion St. James’ Park, Newcastle, Inggris, Minggu (3/1/2021).

Tim besutan Brendan Rodgers, kini mengoleksi 32 poin dan kembali ke posisi ketiga klasemen. Menggusur Tottenham Hotspur, yang menduduki posisi tersebut dalam 24 jam sebelumnya. Sedangkan Newcastle (19), yang menelan kekalahan ketiga dalam tren buruk tak pernah menang di lima laga terakhir, tertahan di urutan ke-15 dan disalip Crystal Palace yang mengoleksi 22 poin dari hasil pertandingan yang berlangsung sebelumnya.

Jamie Vardy, menyarangkan bola ke gawang Newcastle, hanya 12 menit setelah kickoff. Tetapi gol dianulir, karena dia sudah dalam posisi offside, ketika James Maddison mengirim umpan terobosan. Pertandingan babak pertama berakhir tanpa gol, setelah minim peluang. Satu-satunya tembakan tepat sasaran diperlihatkan Joelinton untuk tuan rumah, yang mudah diamankan kiper Kasper Schmeichel.

Sepuluh menit memasuki babak kedua, kebuntuan terpecahkan manakala Maddison menyelesaikan sodoran Vardy, dan dengan tembakan sentuhan pertama sukses memperdaya kiper Karl Darlow. Dan membawa Leicester membuka keunggulan atas Newcastle.

Maddison, hampir menggandakan keunggulan Leicester pada menit ke-62, tetapi tembakan jarak jauhnya melenceng dari sasaran. Pada menit ke-71, para pemain Leicester menuntut hadiah tendangan penalti, setelah sundulan sapuan Ciaran Clark, malah membuat bola mengenai lengan rekannya DeAndre Yedlin. Tetapi wasit Robert Jones mengabaikan permintaan tersebut.

Satu menit kemudian, Youri Tielemans, menggandakan keunggulan dengan tembakan keras, setelah menyelesaikan umpan silang Marc Albrighton yang tak bisa dihalau Darlow. Leicester hampir memperlebar keunggulan pada menit ke-76, tetapi tembakan Vardy, yang tak mampu dijangkau Darlow, jatuh di atas mistar gawang. Kendati demikian, jika masuk-pun akan dianulir, karena Vardy sudah offside.

Newcastle, memperkecil ketertinggalan pada menit ke-82, saat Andy Carroll menyambar bola muntah hasil sapuan tak sempurna Timothy Castagne, menyusul sebuah tendangan bebas. Leicester berpeluang memulihkan keunggulan dua gol, tetapi Harvey Barnes gagal menaklukkan Darlow, ketika sudah dalam posisi satu lawan satu. Kesempatan lainnya dari Barnes masih melenceng dari sasaran.

Hasil itu membuat Leicester selalu menang dalam lima laga tandang melawan Newcastle, yang menyamai rekor serupa setiap melawat ke West Bromwich Albion. Leicester selanjutnya menghadapi tim divisi dua Stoke City, dalam putaran ketiga Piala FA Sabtu (9/1/2021) pekan ini, sedangkan Newcastle bertandang ke Arsenal. (Ant)

Lihat juga...