TWA Gunung Papandayan Garut Membangun Rumah Khas Papua

Wisatawan, menikmati fasilitas rumah dengan konsep rumah adat Papua di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (3/1/2021) – Foto Ant

GARUT – Pengelola Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, membangun rumah dengan ciri khas Papua. Diharapkan rumah khas tersebut dapat menjadi daya tarik baru, bagi wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata alam itu.

“Kita buat cottage untuk penginapan, konsepnya rumah yang seperti di hutan Papua,” kata Ginting, salah seorang pengelola wisata di TWA Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Minggu (3/1/2021).

Konsep membangun rumah adat di Papua itu untuk memberikan pelayanan fasilitas yang nyaman dan aman, bagi pengunjung saat berwisata di Gunung Papandayan. Konsep rumah adat itu, terinsipirasi dari keindahan rumah adat di Papua, sekaligus hasil perbincangan dengan sejumlah wisatawan, yang membutuhkan tempat menginap dengan ciri khas berbeda. “Terinsipirasinya karena sering sharing sama pengunjung untuk ada penambahan cottage, karena cottage yang ada sudah penuh, kita buatkan model begini,” kata Ginting.

Ginting menyebut, baru membangun dua rumah yang lokasinya tidak jauh dari taman bunga edelweis dan area parkiran kawasan wisata tersebut. Satu rumah, sudah selesai dibangun pada akhir 2020 dan sudah ada wisatawan yang menikmati fasilitas rumah tersebut.  Mereka mengaku senang mendapatkan pengalaman baru menginap di gunung. Sementara baru selesai satu rumah dulu, kita coba dulu bagaimana kesannya bagi pengunjung, satu lagi nanti selesai sebulan lagi,” kata dia.

Konsep bangunan yang dibentuk memiliki atap bundar berbahan kayu. Memiliki satu pintu dan jendela kaca, dengan lantai dari keramik untuk kenyamanan pengunjung. Selanjutnya rumah khas itu berkapasitas untuk tiga orang atau satu keluarga.

Bangunan memiliki tempat tidur, tersedia ruang televisi, dan kamar mandi yang nyaman. “Untuk sewanya kita mulai Rp1,5 (juta), sudah termasuk dengan sarapan, dan gratis akses ke tempat kolam air hangat,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...