Vaksinasi Pertama di Bangka Babel Sudah Mencapai 84,8 Persen

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra – Foto Ant

SUNGAILIAT – Satuan Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mencatat, vaksinasi pertama bagi tenaga kesehatan dan nonkesehatan sudah terealisasi 84,8 persen.

Pelayanan penyuntikan yang dilakukan di sejumlah fasilitas kesehatan tersebut menyasar 1.780 orang. “Kami mencatat realisasi vaksinasi bagi 1.780 orang tenaga kesehatan dan nonkesehatan yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan, hanya tercapai 84,8 persen atau 265 orang tidak disuntik vaksin,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten, Bangka Boy Yandra, di Sungailiat, Rabu (27/1/2021).

Dari 265 orang yang tidak disuntik vaksin pertama itu, pertimbangan utamanya adalah masalah kesehatan yang bersangkutan, mengingat vaksinasi COVID-19 disuntikan kepada orang yang benar-benar dalam kondisi sehat. “Seseorang harus dipastikan sehat saat hendak disuntik vaksin, jika ada kendala kesehatan penyuntikan akan ditunda sampai yang bersangkutan sehat,” kata dia.

Diharapkan, penyuntikan vaksin COVID-19 kedua, pada tahap pertama vaksinasi yang dijadwalkan Jumat (29/1/2021) dapat terealisasi 100 persen. Termasuk penyuntikan kepada bupati dan wakil bupati, serta sejumlah pejabat daerah.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dalam vaksinasi kedua mendapat distribusi vaksin dari provinsi setempat 2.720 dosis, dan saat ini dijaga ketat oleh personel TNI dan Polri. “Saya berharap baik tenaga kesehatan dan nonkesehatan serta pejabat daerah yang ditetapkan dapat mengikuti penyuntikan vaksin COVID-19 sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona baru di lingkungan tenaga kesehatan dan pejabat pemerintah,” ujarnya.

Boy Yandra mengajak, seluruh lapisan masyarakat setempat mendukung vaksinasi COVID-19 yang sudah dimulai tahap pertama. Vaksin COVID-19 itu cukup aman dan halal, karena sudah dilakukan uji klinik serta sudah mendapat izin BPOM dan legalitas halal dari MUI. (Ant)

Lihat juga...