Warga Terdampak Banjir di Solok Mulai Berbenah

SOLOK – Sejumlah warga yang terdampak banjir pada Selasa (12/1) di kota dan Kabupaten Solok, Sumatra Barat, mulai berbenah karena sumber air bersih di daerah itu kembali lancar dan cuaca cerah.

“Beberapa waktu lalu kami kesulitan menjemur perabot yang terendam banjir, karena cuaca masih mendung dan hujan,” kata seorang warga Kabupaten Solok, Ros (52) di Koto Baru, Jumat (15/1/2021).

Sebelumnya, Ros mengeluhkan juga sempat kesulitan air bersih untuk mencuci perabot yang terendam banjir. “Alhamdulillah, sekarang air bersih sudah lancar dan cuaca juga cerah. Jadi, beberapa barang yang tersisa berupa tikar dan pakaian bisa terselamatkan,” ucap dia.

Ia mengaku masih trauma atas banjir yang menimpa beberapa waktu lalu. “Banjir kali ini merupakan yang terparah dari biasanya,” ujar dia.

Di daerah tempat dia tinggal, memang sering terjadi banjir bila curah hujan tinggi, karena berada di pinggir sungai.

“Biasanya kalau hujan tinggi, banjir hanya sampai mata kaki orang dewasa dan tidak masuk ke dalam rumah, namun kali ini mencapai satu meter,” kata Ros.

Selain itu, seorang guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Annisa di daerah itu, Nur Leli, mengatakan sekolah itu juga ikut terendam banjir beberapa waktu lalu.

Nur menyebutkan, banyak perlengkapan sekolah yang rusak akibat banjir seperti buku, seragam sekolah, kursi dan lemari.

“Usai banjir beberapa waktu lalu cuaca masih mendung dan sering hujan sehingga beberapa perlengkapan sekolah dibiarkan saja basah. Alhamdulillah sekarang sudah mulai cerah kami bisa menjemur buku-buku yang basah, namun masih belum kering semuanya,” kata dia.

Ia mengatakan, kebetulan hari ini murid diliburkan karena pandemi Covid-19. “Jadi, kami membersihkan ruangan kelas yang kotor karena banjir,” ujar dia.

Ia berharap, ke depan sekolah tersebut mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat untuk perbaikan buku dan kursi yang rusak akibat banjir. (Ant)

Lihat juga...