Wayang Windu, Destinasi Wisata Alam yang Sejuk dan ‘Instagramable’

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Memang pantas untaian yang menyebut bahwa “Bandung atau Tanah Pasundan Tercipta Saat Tuhan Sedang Tersenyum”. Di tanah Pasundan, setiap orang bisa menikmati keindahan dan kesejukan alam yang memanjakan mata.

Wayang Windu adalah satu destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan hamparan perkebunan teh seluas 13 hektar dan berada di ketinggian 1.800 di atas permukaan laut (mdpl), yang terletak di Desa Kertamanah, Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wisata Wayang Windu pertama kali dibuka pada akhir tahun 2019, dan saat ini telah menjelma menjadi destinasi populer di Jawa Barat.

Ade (27), salah seorang pengunjung asal Kota Bandung mengaku tertarik datang ke Wayang Windu setelah melihat keindahannya di instagram. Menurutnya, destinasi tersebut cocok untuk menyegarkan pikiran.

“Aslinya jauh lebih bagus dari di foto. Ngga mengecewakan. Cocok banget buat menenangkan pikiran yang suntuk sama pekerjaan,” ujar Ade yang datang bersama rekan-rekannya, Minggu, (24/1/2020) di Wayang Windu.

Selain itu, di Wayang Windu juga disediakan berbagai spot foto yang instagramable, yang cocok untuk mempercantik feed media sosial, apalagi bagi kaum milenial.

“Cuma memang harus sabar kalau mau foto di spot yang disediakan pengelola, karena antre. Jumlah spot fotonya belum terlalu banyak. Tapi ngga harus di spot fotonya, hampir semua sudut Wayang Windu keren lah,” kata Ade.

Ije Rohimat (kiri), Pengelola Wisata Wayang Windu saat ditemui di lokasi tersebut, Minggu (24/1/2021). -Foto Amar Faizal Haidar

Wisata Wayang Windu Panenjoan buka setiap hari, mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Namun jika ingin datang pada malam hari sambil berburu foto milky way, pengelola masih bisa melayani.

“Syaratnya adalah melakukan konfirmasi pada pengelola lewat akun Instagram @wwp1800skypark. Pengelola akan melayani selama 24 jam,” kata Ije Rohimat, Pengelola Wisata Wayang Windu.

Adapun harga tiket masuknya adalah Rp10.000 per orang, dengan tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

“Di sini kami juga menyediakan jasa foto cetak langsung. Harganya Rp15.000 per lembar. Ada juga warung yang menjual makanan, seperti gorengan dan kopi,” tandas Ije.

Selama masa pandemi ini, pengelola Wisata Wayang Windu mewajibkan pengunjung disiplin menerapkan protokol kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Kami tidak izinkan masuk bagi pengunjung yang tidak pakai masker. Jadi wajib di sini demi kenyamanan bersama. Kami juga sudah siapkan tempat cuci tangan di semua sudut lokasi wisata,” pungkasnya.

Lihat juga...