Wayney Rooney Setujui Kontrak Jadi Bos Derby

JAKARTA — Wayne Rooney, mantan bintang Manchester United dan timnas Inggris, mengakhiri karir bermainnya yang mentereng untuk mengambil pekerjaan mengelola tim Championship, Derby County, secara penuh waktu.Derby mengonfirmasikan bahwa Rooney (35 tahun) telah menyetujui kontrak permanen hingga 2023, setelah menggantikan Phillip Cocu untuk sementara pada November.

“Kami dengan senang hati mengonfirmasi penunjukan Wayne Rooney sebagai manajer baru kami,” kata CEO Derby County Stephen Pearce, seperti dikutip AFP, Sabtu.

Saat menerima peran manajer, Derby mengatakan penyerang ikonik itu “memilih untuk menghentikan karir bermainnya yang cemerlang untuk sepenuhnya fokus pada pekerjaannya”.

Rooney bertanggung jawab atas sembilan pertandingan sebagai bos sementara di Derby, dengan catatan menang tiga kali dan seri empat kali.

“Peningkatan hasil kami baru-baru ini di bawah Wayne dengan beberapa penampilan positif.”

Rooney mengatakan dia “terpesona” dengan potensi Derby ketika dia tiba di klub tersebut setelah sempat bermain untuk DC United di Amerika Serikat.

“Diberi kesempatan untuk mengikuti orang-orang seperti Brian Clough, Jim Smith, Frank Lampard dan Phillip Cocu adalah suatu kehormatan,” katanya.

“Dan saya bisa menjanjikan semua orang yang terlibat di klub dan semua fans kami, staf saya dan saya tidak akan meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat dalam mencapai potensi yang telah saya saksikan selama 12 bulan terakhir dari klub sepak bola bersejarah ini.”

Rooney, yang menjadi kapten Manchester United dan Inggris, gantung sepatu sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk United dan negaranya.

Dia juga pencetak gol terbanyak kedua dalam sejarah Liga Premier dengan 208 gol. Ia hanya kalah dari Alan Shearer yang mengoleksi 260 gol.

Alex Ferguson, yang memboyong Rooney ke MU, memuji Rooney sebagai pemain yang fantastis.

“Dia adalah pencetak gol terbanyak Inggris, dia adalah pencetak gol terbanyak Manchester United dan dia memiliki karir yang fantastis sebagai pemain.

Rooney melakukan debutnya sebagai pemain profesional untuk klub masa kecilnya, Everton pada 2002 dan menjadi terkenal dengan mencetak gol sensasional untuk membawa everton mengalahkan juara bertahan Arsenal beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-17.

Setelah penampilan yang mengesankan untuk Inggris di Euro 2004 ia menandatangani kontrak dengan MU dengan nilai transfer sebesar 27 juta poundsterling (37 juta dolar).

Rooney segera membayar biaya transfer itu dengan permainan memikat. Ia mencetak hat-trick pada debutnya di Liga Champions melawan Fenerbahce.

Dia memecahkan rekor lama Bobby Charlton dengan 249 gol pada Januari 2017, dengan total 253 gol untuk klub yang bermarkas di Old Trafford.

Rooney memenangi lima gelar Liga Premier dan medali juara Liga Champions bersama MU era Ferguson sebagai kapten dan Rooney menjadi kapten untuk meraih kejayaan Piala FA bersama MU era Louis van Gaal pada 2016.

Rooney memainkan 120 pertandingan dan mencetak 53 gol untuk timnas inggris,. Ia tampil untuk terakhir kalinya melawan Amerika Serikat pada 2018.

Penyerang itu bergabung kembali dengan Everton dari United pada 2017 tetapi berada di Goodison Park hanya setahun sebelum pindah ke tim MLS DC United.

Rooney pindah ke Derby pada Januari 2020 sebagai pemain-pelatih dan mengambil alih tanggung jawab sementara Cocu yang dipecat. (Ant)

Lihat juga...