Wedang Degan Rempah, Segar dan Berkhasiat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Musim hujan paling enak jika menyantap minuman atau makanan hangat. Tidak hanya lezat, namun juga mampu menghangatkan badan dari suhu dingin. Apalagi jika menu kuliner tersebut, juga mampu memberikan khasiat dari sisi kesehatan, tentu menjadi nilai tambah tersendiri.

Hal tersebut ditunjukkan dari olahan minuman degan rempah, berupa air buah kelapa muda, yang dimasak bersama dengan beragam aneka rempah seperti jahe, sereh, kapulaga, bunga lawang, cengkeh dan lainnya.

“Wedang degan rempah ini, menjadi salah satu menu andalan yang digemari konsumen. Selain rasanya enak, juga banyak manfaat bagi tubuh,” papar pemilik usaha Wedang Rempah Mbah Kung, Wawan Priyanto, saat ditemui di warung tersebut, jalan Arteri Soekarno Hatta, Palebon, Semarang, Sabtu (30/1/2021).

Pemilik usaha Wedang Rempah Mbah Kung, Wawan Priyanto, menunjukkan proses pembuatan degan rempah, saat ditemui di warung tersebut, di jalan Arteri Soekarno Hatta, Palebon Semarang, Sabtu (30/1/2021). Foto: Arixc Ardana

Sesuai namanya, degan rempah tersebut merupakan kombinasi air kelapa muda, dengan beragam rempah seperti sereh, kapulaga, jahe, bunga lawang hingga cengkeh.

“Rasanya unik, belum pernah ditemukan dimana pun, selain segar dan manis, juga langsung terasa hangat di badan,” jelasnya lagi.

Terkait khasiatnya, Wawan menjelaskan secara alamiah, kelapa muda sudah memiliki banyak manfaat, mulai dari mencegah batu ginjal, menurunkan gula darah, memiliki sifat antioksidan, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi tekanan darah dan lainnya.

“Manfaat tersebut kemudian dikuatkan lagi, dengan beragam rempah. Sampai saat ini beberapa pelanggan menyampaikan bahwa degan rempah membantu mereka selama pengobatan batu ginjal, menurunkan kolesterol, menyembuhkan rematik dan asam urat,” terangnya.

Dalam proses pembuatannya cukup sederhana, kelapa muda dipotong untuk diambil airnya. Kemudian air kelapa ini direbus bersama sejumlah rempah, hingga mendidih dan tercampur rata.

“Kurang lebih 15 menit proses merebusnya. Setelah itu air rebusan bersama rempah yang sudah direbus, dimasukkan kembali ke dalam batok kelapa, untuk dinikmati bersama daging buahnya,” lanjutnya.

Wawan mengakui, ide pembuatan wedang degan rempah tersebut, terinspirasi dari cerita salah seorang temannya, yang sembuh dari penyakit asam urat setelah minum rebusan air kelapa muda.

“Teman saya ini, punya penyakit asam urat yang tergolong sudah lumayan parah. Kakinya akan mengalami gejala bengkak, jika mengkonsumsi kacang-kacangan dan sayuran tertentu. Lalu dia mencoba minum air kelapa muda yang direbus, rutin selama 5 hari. Hasilnya, asam uratnya sembuh. Hal tersebut dibuktikan, dengan memakan kacang, dan kakinya tidak bengkak lagi,” ungkapnya lebih jauh.

Dari cerita tersebut, kemudian dirinya mencoba mengolah air kelapa muda tersebut, dengan kombinasi rempah, hingga muncul minuman wedang degan rempah.

“Jika penasaran, bisa dicoba sendiri, menikmati wedang degan rempah di Mbah Kung,” tandasnya.

Sementara, salah seorang pelanggan wedang rempah Mbah Kung, Wiwid, mengaku sudah beberapa kali mencoba minum wedang degan rempah.

“Rasanya enak, dibanding dengan degan biasa, tentu berbeda. Kalau degan umumnya kan hanya diberi sirup atau gula jawa-gula pasir. Kalau ini, diberi rempah jadi rasanya unik. Manis, segar, hangat,” terangnya.

Terkait khasiatnya, pegawai swasta tersebut mengakui ada benarnya. Air kelapa muda, sejak dulu juga sudah digunakan sebagai pengobatan.

“Dulu kalau ada yang keracunan makanan, yang dicari juga air kelapa muda, untuk menetralkan racun dalam tubuh. Apalagi ini ditambah dengan aneka rempah, yang sudah pasti manfaatnya untuk tubuh,” tambahnya.

Namun terlepas dari khasiat yang diberikan, Wiwid menjelaskan rasa wedang degan rempah yang khas, menjadi daya tarik utama untuk mencoba minuman tersebut.

“Pokoknya jangan komentar dulu sebelum mencoba, rasanya dijamin mantab,” pungkasnya.

Lihat juga...