Wisatawan di Aceh Diimbau tak Mandi di Pantai

MEULABOH – Badan SAR Nasional (Basarnas) Pos Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, meminta masyarakat yang mengunjungi lokasi wisata pantai di daerah ini agar tidak mandi di laut atau pantai.

“Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginka,n seperti musibah bencana tenggelam akibat terseret arus,” kata Koordinator Basarnas Pos Meulaboh Budi Darmawan di Meulaboh, Minggu (3/1/2021).

Menurutnya, aktivitas mengunjungi lokasi wisata pantai saat hari libur atau libur cuti bersama saat pergantian tahun baru, kerap dilakukan masyarakat di Aceh, dengan mandi di laut atau di sungai.

Kondisi tersebut, kata Budi Darmawan, dinilai sangat berisiko karena sebagian besar arus pantai di wilayah pantai barat selatan Aceh terkenal berbahaya dan deras.

Guna mencegah terjadinya korban jiwa di kalangan masyarakat, pihaknya mengimbau kepada setiap pengunjung sebaiknya agar menjauhi pantai, guna mencegah terjadinya bencana tenggelam.

“Kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar sebaiknya menjauhi pantai saat menikmati hari libur,” kata Budi Darmawan menambahkan.

Selain melakukan pengawasan di sejumlah lokasi wisata pantai di wilayah pantai barat selatan Aceh, Basarnas Pos Meulaboh juga melakukan pengawasan ke sejumlah fasilitas publik di daerah ini.

Di antaranya ke kawasan pelabuhan penyeberangan, bandar udara, terminal serta lokasi yang sering dikunjungi masyarakat saat hari libur.

“Pengawasan ini juga merupakan bagian dari pengamanan hari natal dan tahun baru yang berlaku secara nasional,” kata Budi Darmawan. (Ant)

Lihat juga...