90 Persen Vaksin Sinovac di Sikka Sudah Terdistribusi

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur,  telah mendistribusikan vaksin Sinovac yang akan dipergunakan untuk vaksinasi tenaga kesehatan dan pejabat publik.

Distribusi vaksin ke 13 Puskesmas, termasuk Puskesmas Teluk di Pulau Pemana, sudah dilakukan kemarin saat cuaca dan gelombang laut memungkinkan, sehingga hari ini, Jumat (5/2/2021), akan didistribusikan ke Puskesmas dan fasilitas kesehatan di Kota Maumere.

“Persiapan vaksinasi sudah mencapai 90 persen, dan 13 Puskesmas sudah didistribusikan kemarin, dan hari ini untuk wilayah sekitar Kota Maumere,” papar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sikka, NTT, dr.Clara Yosephine Francis, MPH., dalam konfenrensi pers daring, Jumat (5/2/2021).

Dokter Clara menyebutkan, pengiriman ke Puskesmas Teluk di Pulau Pemana baru bisa dilakukan saat gelombang dan angin sedikit reda, sehingga kapal baru bisa berlayar mengantar vaksin.

Dikatakannya, Jumat ini semua vaksin Sinovac sudah bisa didistribusikan ke lima puskesmas dan fasilitas kesehatan di sekitar Kota Maumere, sehingga besok sudah bisa dilaksanakan vaksinasi serentak.

“Total vaksin yang didistribusikan pada tahap penyuntikan pertama ini sebayak 1.387 vial vaksin. Pelaksanaan vaksinasi sesuai rencana akan dimulai Sabtu 6 Februari 2021,” jelasnya.

Clara menambahkan, pelaksanaan vaksinasi akan dimulai pukul 09.00 WITA sampai selesai, yang diawali dengan pencanangan, dengan vaksinasi kepada 10 tokoh publik terpilih.

Dia menyebutkan, pelaksaan vaksinasi tokoh publik sekaligus pencanangannya akan mengambil tempat di Puskesmas Wolomarang, dan diikuti seretak pada hari yang sama di 18 titik lainnya.

“Untuk tenaga kesehatan di RS TC Hillers Maumere juga akan mendapatkan vaksinasi di rumah sakit tersebut, dengan pertimbangan pendekatan pelayanan vaksinasi,” ungkapnya.

Selain itu, sebut Clara, tenaga kesehatan yang banyak mendapatkan vaksinasi Covid-19 bertugas di RS TC Hillers Maumere, sehingga pelayanan pasien  di rumah sakit milik pemerintah kabupaten Sikka ini tidak terganggu.

Ia mengatakan, untuk tenaga kesehatan di dua rumah sakit swasta, yakni RS Santo Gabriel Kewapante dan RS Santa Elisabeth Lela, pelayanannya dilakukan di puskesmas yang berada dekat kedua rumah sakit ini.

“Puskesmas Kewapante untuk melayani tenaga kesehatan dari RS Santo Gabriel  Kewapante, dan Puskesmas Nanga untuk tenaga kesehatan dari RS Santa Elisabeth Lela,” terangnya.

Clara menambahkan, anggota Forkompinda, Pimpinan DPRD dan Sekda Sikka beserta para asisten juga sudah melakukan pemantauan secara langsung persiapan pelaksanaan vaksinasi pada Rabu (3/2/2021).

“Mohon dukungan doa dari seluruh masyarakat, agar seluruh pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini dapat berjalan baik, agar tahap dua dapat berjalan lebih baik dengan persiapan ke depannya yang lebih baik,” harapnya.

Sementara itu,Uskup Maumere, Mgr. Edwaldus Martinsu Sedu, Pr., mengaku siap untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 yang akan berlangsung besok, Sabtu (6/2/2021), di Puskesmas Wolomarang.

Lihat juga...