Abrasi Pantai di Nagan Raya Makin Parah

SUKA MAKMUE – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Nagan Raya, Provinsi Aceh, Zulkarnain, menegaskan abrasi pantai di kawasan Suak Puntong, Kecamatan Suka Makmue, kabupaten setempat kini kian parah. Kondisi tersebut diduga terjadi akibat aktivitas pengerukan pasir pantai, sehingga berdampak terjadinya gerusan abrasi mencapai sejauh tiga kilometer.

“Abrasi pantai di Nagan Raya ini sudah sangat memprihatinkan, karena sudah menyebabkan kerusakan jalan dan tempat usaha masyarakat,” kata Zulkarnain di Nagan Raya, Minggu (28/2/2021).

Menurut dia, informasi yang ia peroleh, abrasi tersebut diduga kuat terjadi akibat adanya pengerukan pasir di sekitar pelabuhan sebuah PLTU di Nagan Raya.

Dampaknya, kata dia, diduga telah menyebabkan kerusakan pantai di kawasan tersebut, karena menyebabkan abrasi.

Zulkarnain menambahkan, dampak dari abrasi pantai tersebut telah menyebabkan ruas jalan di kawasan tersebut rusak parah.

Bahkan, sejumlah tempat wisata di kawasan tersebut ikut rusak parah, sehingga menyebabkan aktivitas ekonomi masyarakat terganggu.

Untuk itu, ia berharap agar Pemerintah Kabupaten Nagan Raya dan Pemerintah Aceh, agar segera melakukan penanganan sehingga persoalan tersebut juga segera teratasi.

“Kami juga meminta aktivitas pengerukan pasir di sekitar PLTU Nagan Raya, agar ditinjau ulang, karena diduga telah menyebabkan abrasi pantai di Nagan Raya kian parah,” kata Zulkarnen menegaskan. (Ant)

Lihat juga...