Angin Kencang Landa Jember, Pohon Tumbang di Sembilan Lokasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Angin kencang yang melanda Jember menyebabkan tumbangnya pohon di 9 titik lokasi. Kejadian pohon tumbang pun hampir bersamaan.

“Tumbangnya pohon karena angin kencang berada di sembilan titik, di antaranya di Jalan Trunojoyo, Jalan Bedadung bundaran DPRD, Jalan Sriwijaya, Perum Gunung Batu, Dira Kencong, PG Semboro, Timur Gunung Desa Wonojati Jenggawah, Karang Rejo Gumuk Mas,” ujar Rezha Pratama, mewakili Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana, Pusdalop BPBD Jember, kepada Cendana News, di wilayah Jl. Trunojoyo, Dusun Sawahan Cantian, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Rabu (17/2/2021).

Rezha Pratama, mewakili Pusat Pengendalian dan Operasi Penanggulangan Bencana, Pusdalop BPBD Jember, saat ditemui Cendana News, di Jl. Trunojoyo, Dusun Sawahan Cantian, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Rabu (17/2/2021). Foto: Iwan Feri Yanto

Timbulnya angin kencang disertai hujan hampir menyeluruh pada wilayah Kabupaten Jember.

“Kejadian pohon tumbang terjadi di waktu sore hari. Sedangkan untuk wilayah Jalan Trunojoyo Kelurahan Kepatihan, terjadi sekitar jam 15.15 WIB,” imbuhnya.

Sebelum terjadi pohon tumbang pada titik wilayah terkait, sempat terjadi hujan disertai angin kencang yang cukup lama, sehingga mengakibatkan salah satu pohon di wilayah Trunojoyo khususnya, menjadi tumbang.

“Karena cuaca angin kencang  berdampak pada pohon yang tidak kuat menahan kencangnya angin,” ujarnya.

Personel dari tim penanganan bencana kali ini berjumlah 40 orang, terdiri dari BPBD, TAGANA, relawan dan instansi terkait.

Kejadian pohon tumbang menyebabkan kemacetan cukup panjang. Karena Jalan Trunojoyo merupakan jalan utama bagi pengendara motor.

Dampak dari robohnya pohon berakibat rusaknya 1 unit kendaraan mobil bagian supir dan bagian kaca depan, serta rusaknya 1 unit kendaraan sepeda motor milik warga.

Tim gabungan pun mendatangi lokasi kejadian untuk mempercepat pelaksanaan eksekusi pembersihan.

“Dari 40 personel tim gabungan dipecah ke masing-masing lokasi, agar proses evakuasi cepat terselesaikan,” tuturnya.

Salah satu warga, Priyono, menyatakan, situasi angin kencang di sekitar tempat kejadian memang  cukup lama. Tumbangnya pohon juga mengarah ke tengah jalan.

“Setelah beberapa hari Jember diguyur hujan secara rutin, mengakibatkan banjir pada pekan lalu. Saat ini yang terjadi ialah angin kencang itu,” imbuhnya.

Lihat juga...