Ayam Bumbu Rempah, Sajian Penggugah Selera di Musim Hujan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Olahan ayam tentunya menjadi beragam jenis bahan makanan sebagai menu keluarga atau pun di tempat kuliner tertentu seperti rumah makan pinggir jalan dan lainnya.

Chef Iyus, pengajar LPK Demono berbagi cara membuat ayam bumbu rempah, sebagai menu hidangan kekuarga diakhir pekan, Sabtu (20/2/2021). Foto: Muhammad Amin

Ayam setidaknya menjadi idola banyak orang untuk dikonsumsi bersama keluarga atau hidangan tertentu. Karena bisa dimasak sendiri secara sederhana atau menggunakan resep tertentu sesuai selera. Beragam jenis masakan ayam nusantara tentunya bisa menjadi pilihan di akhir pekan bersama keluarga.

Apalagi, saat ini di wilayah Jawa Barat tengah menghadapi musim penghujan. Selain itu penerapan PPKM membatasi rumah makan atau pun tempat tertentu, baik jam buka operasional maupun jumlah tempat duduk.

Ada beragam jenis masakan ayam seperti ayam betutu, ayam taliwang, dan lainnya bahkan tidak sedikit mengadopsi dari luar negeri yang bisa dikreasikan di rumah.

Kali ini, adalah ayam bumbu rempah, yang akan di ulas oleh Chef Iyus Asaahi sebagai pengajar tetap di Lembaga Kursus aneka kuliner di LPK Demono. Iyus berbagi cara untuk masak ayam bumbu rempah yang bisa dilakukan di rumah.

“Ayam bumbu rempah biasanya banyak di buat sebagai menu keluarga di rumah. Bahkan kadang dijadikan tambahan pelengkap tumpeng. Tapi, ayam rempah umumnya dijadikan menu utama untuk makan bersama keluarga dengan rasanya yang menggugah selera,”ujar Chef Iyus kepada Cendana News, Sabtu (20/2/2021).

Ayam bumbu rempah umumnya, bisa di goreng atau dipanggang setelah taburan aneka bumbu. Ia lebih menyarankan untuk di bakar atau di oven, sehingga rasanya akan lebih keluar.

Adapun bahan bakunya terutama ayam yang sudah dibersihkan. Tapi, sebelum ayam dicuci dan dibuang bagian kotorannya, sebaiknya terlebih dulu potong-sesuai selera untuk kemudian dibersihkan secara merata.

Kemudian lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan aduk-aduk secara merata, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit, agar bau amis yang menempel pada ayam bisa dihilangkan secara merata.

Kemudian siapkan bumbu yang telah tersedia jangan lupa harus menggunakan daun jeruk, daun salam, serai, kayu manis, cengkeh, daun pandan dan juga kapulaga.

Setelah dijadikan satu dihaluskan masukkan ke dalam wajan tapi ingat minyaknya secukupnya tidak terlalu banyak untuk menumis bahan yang telah disediakan sampai mengeluarkan aroma lezat.

Langkah selanjut santan yang telah disiapkan dituang kedalam tumisan bumbu dan aduk-aduk secara merata sampai santan mendidih untuk menambahkan rasa bisa ditambahkan garam dan gula putih.

Langkah terakhir adalah masukkan ayam yang telah direndam dengan jeruk nipis kedalam tumisan bumbu rempah dan masak hingga meresap sampai merata.

“Nah, setelah itu ayam boleh goreng ataupun di panggang dengan oven. Tentunya tergantung selera, tapi kebanyakan di goreng,”ujar Chef Iyus.

Lihat juga...