Banjir di Karawang Melanda Kawasan Perkotaan

Ilustrasi. Banjir di Karawang – Foto Ant

KARAWANG – Bencana banjir, melanda sejumlah daerah hingga kawasan perkotaan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Banjir terjadi setelah tingginya curah hujan dan meluapnya beberapa sungai di daerah tersebut.

“Banjir sudah sampai ke perkotaan,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin, Sabtu (20/2/2021).

Banjir di Karawang selama dua hari terakhir, kondisinya meluas. Bahkan rumah dari Yasin di Perumahan Pemda wilayah Telukjambe Timur, juga terendam banjir. Informasi yang dihimpun dari BPBD Karawang, banjir telah merendam ribuan rumah di wilayah perkotaan dan perdesaan.

Sejumlah perumahan, kawasan pertokoan dan rumah sakit terendam banjir di wilayah perkotaan. Bahkan beberapa perumahan elit, seperti Perumahan Grand Taruma dan Perumahan Galuhmas juga dilanda banjir.

Bencana banjir terparah terjadi di wilayah Telukjambe Barat, dengan ketinggian air ada yang mencapai satu sampai dua meter. Catatan BPBD Karawang, banjir yang kini melanda lebih dari 20 desa di Karawang terjadi akibat meluapnya beberapa sungai seperti sungai Citarum, sungai Cibeet, sungai Cikereteg dan sungai Cikaranggelam.

Sementara itu, PLN Karawang melakukan pemadaman listrik di sejumlah daerah terdampak banjir. Pemadaman listrik di antaranya dilakukan di Desa Karangligar, Desa Purwadana, Sirnabaya, Karangpawitan, Perum Grand Taruma, Perumnas Telukjambe, Karaba, Perum Galuhmas, dan sekitarnya. (Ant)

Lihat juga...