Banjir Surut, Warga Arso Kembali ke Rumah

JAYAPURA – Sebagian besar warga Arso, yang sebelumnya mengungsi karena rumah mereka terendam banjir, sudah kembali ke rumah masing-masing, Sabtu (6/2/2021). Warga kembali ke rumah setelah air banjir surut.

“Sebagian besar warga yang terdampak banjir yang terjadi Rabu (3/2/2021) sudah kembali ke rumah masing-masing, dan melakukan pembersihan karena air sudah berangsur surut,” kata Bupati Keerom, M. Markum, Sabtu (6/2/2021).

Namun demikian, masih ada warga yang tinggal di penampungan. Terutama  warga perempuan dan anak-anak, mengingat curah hujan di wilayah Keerom masih tinggih. Banjir yang terjadi di wilayah Keerom diakibatkan oleh curah hujan, dengan intensitas yang tinggi, sehingga menyebabkan tiga sungai Tami, Ubiyau, dan Bewani meluap. Sejumlah lokasi yang terendam banjir di antaranya, Arso Swakarsa-Arso II, Kampung Asyaman, Kampung Yanamaa, Kampung Walukubun, Kampung Workwana, Kampung Pitewi, dan Arso Kota.

Rumah warga yang terendam banjir jumlahnya sekira 170-an unit, tersebar di beberapa lokasi. Sedangkan bantuan dari berbagai pihak, termasuk BPBD Papua, sudah diterima. Sementara itu, Markum menyebut, masih ada beberapa jalan yang tidak bisa dilalui, akibat badan jalan mengalami keretakan sehingga menyulitkan kendaraan melintas. “Secara keseluruhan, jalan sudah bisa dilintasi, walaupun ada yang sulit karena mengalami kerusakan akibat terjadi keretakan,” kata Bupati Markum. (Ant)

Lihat juga...