Baru 59 Persen Nakes di Sikka Peroleh Vaksin Covid-19

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Dari sebanyak 2.271 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang bertugas di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), hanya 2.216 saja yang teregistrasi hingga tanggal 9 Februari 2021 untuk mendapatkan suntikan vaksin Sinovac.

Dari jumlah 2.216 orang tersebut, sejak pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara serentak di Kabupaten Sikka 6 Februari 2021 lalu, baru sebanyak 1.640 orang saja yang sudah mendapatkan vaksin.

“Sampai kemarin baru 1.640 orang tenaga kesehatan di Kabupaten Sikka yang mendapatkan vaksin Covid-19,” kata dr. Clara Yosephine Francis, MPH, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kabupaten Sikka, NTT dalam press release kepada media, Rabu (10/2/2021).

Clara menyebutkan, jumlah tersebut jika dipersentase maka baru sebesar 59,18 persen, sementara untuk karyawan RS TC Hillers Maumere proses vaksinasi masih berlangsung.

Menurutnya, untuk karyawan RS TC Hillers Maumere proses vaksinasi dilakukan menggunakan sistim shift dan hanya yang sempat yang diberikan vaksin agar tidak mengganggu pelayanan kepada pasien.

“ Beberapa yang ditunda hari 1, mengikuti lagi vaksin di hari keempat dan hari kelima pada hari ini. Datanya akan ditotal pada hari terakhir termasuk data yang tidak dapat menerima vaksin,” ungkapnya.

Clara menambahkan, pejabat publik sebanyak 10 orang yang terdaftar menerima vaksin sudah semuanya mendapatkan suntikan vaksin Sinovac, sebab Uskup Maumere sudah menjalani vaksin kemarin, Selasa (9/2/2021).

Ia memaparkan, hari pertama dilakukan vaksinasi terhadap 491 Nakes sementara hari kedua hanya 80 Nakes saja yang memperoleh vaksin.

Lanjutnya, hari ketiga vaksinasi diberikan kepada 537 orang sementara hari keempat hanya 532 orang saja.

“Nakes yang menerima vaksin terbanyak berada di RS TC Hillers Maumere, yakni 365 orang disusul Puskesmas Kopeta 139 orang serta Puskesmas Nita sebanyak 99 orang,” bebernya.

Sementara itu, Direktur RS Santa Elisabeth Lela, dr. Henyo Kerong menyebutkan, dirinya bersama 110 Nakes yang bekerja di rumah sakit swasta milik Keuskupan Maumere ini telah menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Nanga, Kecamatan Lela.

Henyo mengatakan, dirinya bersama dengan dua dokter lainnya yang tergolong lansia juga telah menjalani vaksinasi di Puskesmas Nanga setelah melalui proses screening yang ketat.

“Saya bersyukur semua pemeriksaan kesehatan berjalan dengan baik dan saya dinyatakan memenuhi syarat untuk bisa mendapatkan vaksin Covid-19,” ungkapnya.

Henyo berharap agar semua Nakes menyukseskan vaksinasi Covid-19 termasuk masyarakat umum agar bersiap untuk mendapatkan vaksin sambil terus menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

Lihat juga...