Cafe Damandiri Dieng Kulon akan Berdayakan Musisi Muda dan Seniman Tradisional

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANJARNEGARA — Selain akan memberdayakan petani kopi serta produsen kuliner lokal, Warung Cafe Damandiri Dieng Kulon, juga akan diproyeksikan sebagai wadah bagi para pelaku kesenian tradisional maupun musisi muda di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Hal itu menyusul rencana Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, selalu pengelola unit usaha Warung Cafe Damandiri Dieng Kulon, untuk menampilkan pertunjukan pentas kesenian secara rutin bagi para pengunjung setiap minggunya.

Manager Umum Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Elina mengatakan pihaknya berinisiatif menggelar pertunjukan pentas kesenian tersebut sebagai upaya menarik minat wisatawan agar berkunjung ke Warung Cafe Damandiri Dieng Kulon.

“Kita berencana menggelar pentas kesenian, baik itu musik, ataupun tarian tradisional seperti misalnya Lengger (tari topeng khas Dieng) pada setiap akhir pekan. Sehingga bisa menjadi hiburan sekaligus daya tarik bagi pengunjung Warung Cafe Damandiri Dieng Kulon,” ujarnya Rabu (23/02/2021).

Selain itu, lanjut Elina, adanya pentas kesenian di Warung Cafe Damandiri ini juga diharapkan bisa mengangkat para pelaku kesenian tradisional, yang seolah selama ini kurang terperhatikan.

“Apalagi di desa Dieng kulon juga banyak musisi muda berbakat. Sehingga mereka harus diberikan ruang untuk tampil,” lanjutnya.

Dengan diberikan ruang semacam itu, para pelaku seni baik tradisional maupun modern di Desa Cerdas Mandiri Lestari DCML Dieng Kulon diharapkan bisa terus berkembang dengan tetap berkarya dan berkreasi. Serta tidak mati karena tetap bisa hidup di desanya sendiri.

Sebagaimana diketahui, unit usaha Warung Cafe Damandiri Dieng Kulon dibangun Yayasan Damandiri sejak 2020 lalu di lahan seluas 2700 meter persegi yang berada satu komplek dengan unit usaha lainnya yakni objek wisata Taman Bunga Dieng Garden.

Selain sebagai sumber pendapatan dan pemasukan koperasi, keberadaan unit usaha di sektor pariwisata ini juga diharapkan mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi warga desa, khususnya dalam mengangkat dan menggerakkan ekonomi Desa Dieng Kulon.

Lihat juga...