Cegah Penyebaran Corona, DAMRI Palangka Raya Jemput Penumpang

PALANGKA RAYA  – DAMRI Cabang Palangka Raya, Kalimantan Tengah, secara serius mendukung upaya pemerintah mencegah maupun menanggulangi penyebaran COVID-19 di wilayah setempat, dengan inovasi jemput penumpang dan barang.

“Salah satunya melalui inovasi jemput penumpang dan barang mulai hari ini,” kata GM DAMRI Cabang Palangka Raya, Daryanto, Selasa.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan inovasi yang terus digenjot guna memperkuat bisnis semasa pandemi dan salah satu rute yang dilayani adalah area Palangka Raya.

Menurut dia selain sebagai implementasi Peraturan Menteri Perhubungan tentang pengendalian transportasi dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, juga merupakan upaya memperkuat jaringan transportasi darat.

Rute penjemputan penumpang dan barang yang dilayani adalah dari Jalan Tjilik Riwut KM 7, Pasar Besar, Bundaran Besar, Yos Sudarso, Bukit Hindu, G Obos, RTA Milono, Diponegoro, Bundaran Kecil, Bundaran Burung, Kalampangan dan Terminal WA Gara.

“Hadirnya layanan jemput penumpang dan barang ini merupakan bagian dari kegiatan pengembangan usaha kami untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat area Palangka Raya terhadap transportasi,” jelasnya.

Juga untuk membangun konektivitas antar moda, menjaga kestabilan harga antar wilayah, serta meningkatkan perekonomian di daerah tersebut. Layanan ini dapat dinikmati mulai pukul 15.00 WIB tanpa dipungut biaya, dengan sejumlah fasilitas yang pihaknya sediakan.

Sementara itu Manajer Usaha, Padion, menambahkan angkutan penumpang wajib mematuhi protokol kesehatan, diantaranya suhu tubuh penumpang di bawah 37,3 derajat celcius, menjaga jarak, memakai masker dan lainnya.

Terkait operasional pada angkutan penumpang, bus dipastikan bersih sebelum digunakan melalui proses penyemprotan desinfektan, penyediaan alat cuci tangan atau hand sanitizer, serta penggunaan alat pelindung diri (APD) kepada petugas di lapangan dan awak kendaraan. Sama seperti syarat perjalanan DAMRI pada umumnya.

“Dalam melakukan aktivitas usaha, kami juga memberlakukan standar ketat dalam memberikan pelayanan terbaik dengan mengutamakan 5K, meliputi ketepatan, keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kesehatan penumpang maupun pengemudi,” terangnya. (Ant)

Lihat juga...