Cegah Stunting, Dinkes Baubau Bagi-Bagi Tablet Tambah Darah

Siswi menunjukkan tablet atau obat dalam bentuk butiran, saat mengikuti Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (Gemitra) pada remaja putri di SMK NU Ma'arif Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Senin (18/11/2019) – foto Dok Ant

KENDARI – Dinas Kesehatan Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) membagi-bagi tablet penambah darah kepada remaja putri dan ibu hamil di daerahnya. Hal itu sebagai langkah strategis upaya menurunkan angka kekerdilan.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan Baubau, Effendi menuturkan, terjadi penurunan angka kekerdilan di daerah tersebut sebanyak 13,9 persen. Angka itu masih di bawah angka penurunan nasional yang mencapai 14 persen. “Bagi ibu hamil yang mengalami kekurangan gizi kronis dengan lingkar lengan di bawah 23,5 cm akan diintervensi dengan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa biskuit,” katanya, Kamis (4/2/2021).

Data di 2020 menyebut, dari 7.733 orang bayi dan balita yang diukur tinggi badannya, terdapat 1.053 orang bayi, atau sebanyak 13,9 persen di antaranya berkategori balita pendek. Penilaian tersebut berdasarkan indeks tinggi badan dan umur. “Sementara dari 7.000-an balita tersebut, 3,8 persen atau sebanyak 286 balita, dikategorikan sebagai balita kurus, dilihat dari indeks tinggi badan dan berat badan,” tutur Effendi.

Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kota Baubau, Endang Yulianti mengatakan, ibu yang memiliki kekurangan gizi kronis saat hamil dapat berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah. Sehingga memengaruhi kesehatan, perkembangan, dan intelegensi anak pada masa mendatang. “Kalau asupan gizi ibu hamilnya tidak mencukupi tentu akan berdampak pada bayi yang ada dalam kandungan,” katanya.

Ibu hamil, minimal mengonsumsi 90 tablet tambah darah selama kehamilan. Untuk itu, sejak remaja putri perlu memperhatikan kesehatan tubuh dan memiliki berat badan ideal. Perbaikan gizi bayi dengan berat badan rendah masih bisa dilakukan dengan pemberian makan bergizi dan seimbang, selama periode bayi hingga balita. (Ant)

Lihat juga...