Cita-cita Pak Biakto Satukan Koperasi di Seluruh Tanah Air

Editor: Koko Triarko

YOGYAKARTA – Menyatukan seluruh koperasi yang ada di Indonesia, serta menjadikan koperasi sebagai kekuatan besar ekonomi nasional, merupakan salah satu cita-cita besar sekaligus ide gagasan Subiakto Tjakrawerdaya, yang belum terwujud. 

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Yayasan Damandiri, Firdaus. Ia menyebut, kondisi koperasi di Indonesia saat ini ibarat seperti bonsai, pohon beringin yang kerdil. Meski jumlahnya sangat banyak, namun koperasi belum bisa berkontribusi besar bagi perkembangan perekonomian nasional.

“Di era seperti sekarang ini, untuk bisa maju, kita harus berkolaborasi dan bersatu. Ratusan ribu koperasi dengan puluhan juta anggotanya, jika semuanya digabung dan dikelola dengan sistem yang baik, tentu akan menjadi kekuatan ekonomi yang luar biasa. Bayangkan saja jika setiap anggota menyisihkan simpanan pokok Rp1.000 saja, berapa dana yang bisa dihimpun?” katanya.

Karenanya, melihat potensi luar biasa besar dari koperasi itu, Pak Biakto semasa hidup bercita-cita ingin menyatukan atau mengintegrasikan seluruh koperasi yang ada di Indonesia. Sehingga seluruh bonsai beringin koperasi, bisa berevolusi menjadi sebuah pohon beringin besar yang bisa memberikan manfaat jauh lebih luas.

“Jika koperasi bisa bersatu, dikelola dengan sistem yang baik di bawah kementerian perkoperasian, memiliki bank sendiri, dan lain-lain, bukan tidak mungkin koperasi akan bisa mengalahkan BUMN. Sehingga image koperasi juga akan makin meningkat dan bisa makin dipercaya masyarakat,” ujarnya.

Menurut Firdaus, hal itu mungkin saja bisa terjadi. Mengingat koperasi merupakan salah satu dari tiga pilar utama ekonomi di Indonesia, selain perusahaan BUMN dan perusahaan swasta. Jika saja pemerintah memiliki komitmen untuk lebih memperhatikan dan membantu koperasi, niscaya hal itu akan bisa terwujud.

“Kalau pilar ekonomi lain seperti BUMN dan swasta saja dibantu, kenapa koperasi tidak?” katanya.

Sementara itu Bendahara Yayasan Damandiri, Siswanto Djojodisastro, menilai sudah menjadi tugas negara atau pemerintah untuk bisa mengubah koperasi menjadi jauh lebih baik. Pemerintah dinilai harus mampu mengangkat derajat koperasi, sehingga image koperasi makin tinggi di masyarakat.

“Kita (Yayasan Damandiri), dengan berbagai keterbatasan yang ada, hanya berupaya membantu pemerintah mewujudkan hal tersebut. Ya, melaui program-program yang kita jalankan, seperti program Desa Cerdas Mandiri Lestari,” pungkasnya.

Lihat juga...