Dana Riset Non-PTNBH 2021 Capai Rp600 Miliar Lebih

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro menyebutkan pendanaan penelitian untuk perguruan tinggi non PTNBH tahun 2021 sebesar Rp623 miliar.

“Pendanaan penelitian ini akan dibagi untuk penelitian yang tertunda akibat pandemi, penelitian lanjutan dan penelitian baru,” kata Bambang dalam konferensi pers online Kemenristek/BRIN, Kamis (18/2/2021).

Berdasarkan jenisnya, Bambang melanjutkan, penelitian terapan dengan 1.305 judul akan mendapatkan porsi Rp261,8 miliar, penelitian dasar Rp202,5 miliar dengan 1.297 judul dan sisanya untuk penelitian peningkatan kapasitas riset.

“Riset ini kita perlukan, bukan hanya untuk memenuhi tridharma perguruan tinggi. Tapi juga untuk menghasilkan inovasi untuk ekonomi yang efisien dan stabil,” ucapnya.

Dengan menggabungkan iptek, inovasi dan investasi, ia menyatakan Indonesia akan mampu berpindah dari Middle Income Trap ke Negara Berpendapatan Tinggi pada tahun 2045.

“Kunci pertumbuhan ekonomi, berdasarkan apa yang kita lihat di negara maju lain adalah innovation-driven economy. Dimana menekankan pada aspek kolaborasi,” tuturnya.

Dan kolaborasi ini tidak hanya sebatas antar individu, antar bidang ilmu, antar instansi, antar akademi maupun lembaga penelitian saja. Tapi juga dalam taraf internasional.

“Hingga saat ini, kita sudah menjajaki dan melakukan kolaborasi internasional dengan MIT, Berkeley, Oxford, Merlbourne, UKICIS dan konsorsium negara Uni Eropa,” papar Bambang lebih lanjut.

Untuk penelitian Non PTNBH 2021 ini, diharapkan akan menghasilkan output berupa kebijakan, buku maupun jurnal ilmiah hingga paten dan kekayaan intelektual.

Output-nya, 43 kebijakan atau draft naskah kebijakan, 235 buku, 218 prototipe atau prototipe laik industri, 5.301 artikel internasional, 330 dokumen feasibility studi, hasil uji coba dan hasil uji laik industri, 315 artikel konferensi, 453 paten dan 162 kekayaan intelektual,” pungkasnya.

Lihat juga...