Danpudiklatpassus Resmikan Renovasi Masjid YAMP Al Mudjahidin Batujajar

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Komandan Pusdiklatpassus Kopassus, Brigadir Jenderal TNI, Thevi A. Zebua, SE, meresmikan rampungnya proses renovasi Masjid Al Mudjahidin Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) di Batujajar, Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (18/2/2021).

Peresmian Masjid Al Mudjahidin Pusdiklatpassus bertepatan dengan 39 tahun berdirinya YAMP dalam mewujudkan cita-cita mulia Presiden ke-2 RI H.M. Soeharto dengan menginisiasi semangat gotong royong di kalangan dermawan muslim, agar mengumpulkan amal jariyah secara sukarela untuk pembangunan tempat ibadah.

Hadir dalam peresmian Masjid YAMP Al Mudjahidin ketua MUI Bandung Barat, pejabat Kopassus, Pamen Ahli Bidang Hukum dan Humaniter, Aspers Kopassus, pejabat Pusdiklatpassus, Wadan, Kadeptiknik, para Kabag, para Danse, Katim Gumil, Dandenma, para Kasi dan Kabalak, Pa Ku, Ketua Persit KCK Cab IV Pusdiklatpassus dan pengurus.

Pihak lainnya ada perwakilan PNS, Sahabat Pusdiklatpassus Kopassus, Forkopimcam Batujajar, Pendeta Berillos Panggabean (Kristen Protestan), Wahyu Dwi (Ketua Stasi Batujajar, Katolik), Made Budayasa (Hindu), Toni dan Akhmad (PT. BBS), Diah (PT. Beton Elemindo) dan Surya.

Peresmian Masjid Al Mudjahidin diawali dengan penayangan video memperlihatkan proses renovasi masjid, dengan mengisahkan dari proses awal hingga pelaksanaan renovasi yang telah dimulai pada Agustus 2020 lalu.

Kemudian dilanjutkan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan peninjauan fasilitas di Masjid Al Mudjahidin meliputi bangunan utama masjid, ruang DKM, ruang imam, ruang tamu, tempat sound system, tempat wudhu, TPA.

Dalam sambutannya Danpusdiklatpassus Brigadir Jenderal TNI, Thevi A. Zebua, berharap kedepannya Masjid Al Mudjahidin di Komplek Pusdiklatpassus bisa difungsikan sebagai sarana untuk meningkatkan iman takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Fasilitas tempat ibadah sebagai media dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang lebih baik lagi,” ujarnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur yang membantu dan rasa syukur atas selesainya renovasi masjid.

Ia berharap dengan adanya renovasi Masjid Al Mudjahidin warga Pusdiklatpassus dapat memanfaatkan dengan maksimal dalam kegiatan keagamaan.

Masjid Al Mudjahidin merupakan salah satu dari 999 masjid yang tersebar di pelosok Indonesia, didirikan oleh Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP). Keberadaan Masjid Al Mudjahidin sendiri sejak didirikan tahun 1994 belum mengalami renovasi yang signifikan.

“Untuk itu perlu kita syukuri bersama dengan selesainya renovasi masjid ini,” tandasnya.

Dia juga meminta agar bangunan cagar budaya yakni tempat penampungan air yang didirikan sejak 1916 tetap dijaga dan dilestarikan. Bangunan ini berada di area Masjid Al Mudjahidin Pusdiklatpassus.

“Semoga dengan adanya sarana tempat ibadah ini menguatkan dan menumbuhkan semangat beribadah yang semakin baik serta ibadah yang dilakukan semakin khusyuk dan nyaman.

Pada acara peresmian purna pugar Masjid YAMP Al Mudjahidin Pusdiklatpassus  juga dilakukan pemberian penghargaan dan cenderamata kepada Sahabat Pusdiklatpassus yang membantu pelaksanaan renovasi masjid. Piagam penghargaan juga diberikan kepada Bapak Rusmono, Ketua Yayasan Dakab.

Giat diakhiri pemotongan tumpeng dan ceramah agama serta doa oleh Ketua MUI Batujajar. Dilanjutkan ramah tamah.

Lihat juga...