Di Banda Aceh, Vaksinasi Nakes Sudah 100 Persen Terlaksana

Vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan lansia – foto Ant

BANDA ACEH – Vaksinasi COVID-19 dengan sasaran tenaga kesehatan (nakes) di Banda Aceh, yang memenuhi syarat, sudah mencapai 100 persen. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan kepada nakes yang sebelumnya tidak bisa divaksin.

“Untuk tenaga kesehatan yang memenuhi syarat sudah 100 persen selesai divaksin,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh, Lukman di Banda Aceh, Minggu (14/2/2021).

Lukman mengatakan, nakes di Banda Aceh yang memenuhi syarat dan sudah divaksin sekira 3.000 orang lebih, dari total 6.000 nakes yang terdata. Untuk sisanya, vaksinasi akan dilanjutkan pekan depan. “Nakes yang belum memenuhi syarat itu akan diperiksa ulang dan dilanjutkan vaksin pekan depan,” ujarnya.

Lukman menyebut, Presiden Joko Widodo juga baru menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) terbaru, untuk vaksinasi COVID-19 tersebut. Di dalam aturan baru tersebut, vaksin boleh disuntikan terhadap orang yang sedang menyusui dan juga yang pernah terkonfirmasi positif COVID-19. “Perpres baru, vaksin boleh disuntikkan kepada orang yang menyusui, penyintas COVID-19. Perpres disampaikan dalam rapat virtual semalam,” kata Lukman.

Diperkirakannya, hasil pemeriksaan syarat penerima vaksin terhadap nakes ke depan bisa lebih banyak dari sebelumnya. Apalagi sudah ada Perpres baru tersebut. “Untuk Banda Aceh, estimasi yang memenuhi syarat nanti sekitar 80 persen, itu mulai dari nakes di Puskesmas dan Dinas Kesehatan, dan nanti dilakukan bertahap,” ujar Lukman.

Lihat juga...