Di Jember, Tanaman Hias Masih Banyak Diburu Pembeli

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER —  Ketertarikan orang terhadap tanaman bunga hias di masa pandemi Covid-19 di Jember, Jawa Timur, masih tinggi. Pedagang tanaman bunga bahkan memasok persediaan dagangannya hingga mendatangkannya dari luar kota.

“Bunga sampai sekarang peminatnya masih cukup banyak. Kadangkala untuk memenuhi kebutuhan ketersediaan yang di inginkan para pembeli, saya menyediakan pasokan bunga saat ini mengambil dari Malang. Harganya pun masih di atas stabil belum ada penurunan”, ujar penjual bunga Kusnadi kepada Cendana News, Selasa (9/2/2021).

Menurut pengakuan Kusnadi, yang sering kali membuka lapak dagangannya di Jalan Trunojoyo, selama masa pandemi harga jual bunga di atas rata-rata. Selama setahun ini terasa dari kenaikan harga jual bunga dan lonjakan peminat dari pembeli.

“Harga bunga cenderung mengalami kenaikan pada saat masa pandemi ini terjadi. Peminat untuk tanaman bunga bervariasi, ada yang suka tanaman hias saja, ada yang juga pembeli yang memesan tanaman hias yang berbunga. Para pembeli saat ini hampir rata-rata mencari bunga aglonema, bunga keladi, bunga mawar, bunga dahlia dan bunga anggrek,” tambahnya.

Kusnadi, di sela melayani pembeli di Jalan Trunojoyo, Jember, Selasa (9/2/2021). –Foto: Iwan Feri Yanto

Peminat tanaman bunga di masa pandemi mengalami fenomena baru atas melonjak harganya. Tidak tanggung-tanggung harga yang terjadi bisa naik 3 sampai 4 kali lipatnya. Namun itu semua tidak menghalangi para pecinta tanaman bunga untuk tetap membelinya. Dampak pandemi membuat orang lebih memilih untuk di rumah dan berkegiatan di rumah saja. Pemina tanaman akhirnya menjadi semakin banyak.

“Harga tanaman bunga sampai sekarang masih berada pada posisi yang bisa dikatakan stabil, dalam artian lonjakan harga yang mengalami kenaikan tapi belum ada penurunan kembali. Setahun ini masih mampu untuk bertahan dengan jumlah yang lebih mahal dari harga tanaman bunga pada sebelum-sebelumnya,” tuturnya.

Saat ini bagi pecinta tanaman maupun tanaman bunga, dapat mengisi kekosongan waktu dengan mengoleksi dan merawat tanaman hias dan bunga . Dengan waktu luang yang banyak, dapat dijadikan momen untuk menyalurkan minat dan hobinya.

Seorang pembeli, Dewi, misalnya, ia mengaku memang suka merawat dan menanam bunga. Hampir semua tempat, khususnya di Jember sudah ia datangi untuk mencari tanaman bunga. Saat ini pun, akunya, tanaman bunga yang ada di rumah bervariasi.

“Ada beberapa bunga yang paling saya sukai, yaitu tanaman bunga anggrek. Memang tanaman bunga anggrek dikenalnya mahal. Ini saja sekarang saya beli harga tanaman bunga anggrek,” imbuhnya.

Lihat juga...