Dieng Garden Diharapkan Angkat Ekonomi Petani Lokal

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANJARNEGARA — Sebagai objek wisata edukasi keluarga, keberadaan Taman Bunga Dieng Garden yang merupakan unit usaha Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, tidak saja diharapkan mampu mengenalkan aneka jenis flora khususnya bunga khas dataran tinggi Dieng kepada masyarakat luas.

Lebih dari itu, objek wisata taman bunga yang memiliki berbagai jenis buka khas Dieng ini juga diharapkan mampu memberdayakan para petani bunga hias lokal yang selama ini belum banyak dikenal. Sehingga para petani bunga bisa memiliki pasar yang lebih luas dan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan.

Manager Umum Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Elina, mengatakan terletak di kawasan dataran tinggi, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon memiliki potensi komoditas bunga hias yang cukup besar. Aneka macam bunga cantik dibudidayakan para petani sebagai tanaman hias maupun dekorasi karangan bunga.

“Kita sengaja mengonsep Dieng Garden dengan tanaman bunga endemik lokal seperti Kalalili, Terompat dan lain-lain, agar pengunjung lebih mengenal bermacam bunga ini. Diharapkan para petani bunga di Desa Dieng Kulon bisa semakin terangkat, yang pada akhirnya mampu meningkatkan pendapatan mereka,” katanya di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (23/02/2021).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, objek wisata Dieng Garden selesai dibangun Yayasan Damandiri pada Januari kemarin. Diproyeksikan sebagai salah satu alternatif objek wisata baru di kawasan dataran tinggi, Dieng Garden ini menawarkan tempat wisata keluarga dengan panorama dan suasana khas dataran tinggi yang khas.

Di Dieng Garden ini pengunjung nantinya bisa menikmati suasana khas palto atau dataran tinggi Dieng di tengah-tengah taman bunga aneka warna.

Menurut Elina, konsep wisata edukasi keluarga di Taman Bunga Dieng Garden ini berasal dari Yayasan Damandiri yang kemudian ditindaklanjuti dan diterjemahkan oleh Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri sekalu pihak pengelola. Mulai dibangun awal  2020 lalu, Dieng Garden ini nantinya juga akan dilengkapi sejumlah spot foto bagi pengunjung. Termasuk juga wahana bermain anak di sejumlah titik lokasi.

Di bangun di lahan seluas 2700 meter persegi bersama dengan unit usaha Warung Cafe Damandiri, Dieng Garden ini diperkirakan bisa menampung hingga sekitar 50 orang pengunjung dalam sekali waktu. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan ketentuan pemerintah yakni penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, sejak 2018 lalu, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Dieng Kulon sebagai desa binaan program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Lewat program ini Yayasan Damandiri berupa mengatasi persoalan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa Dieng Kulon melalui berbagai program pemberdayaan.

Selain mendirikan koperasi jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri sebagai motor penggerak ekonomi, Yayasan Damandiri juga memberikan akses pinjaman modal usaha bagi warga miskin melalui program Modal Kita. Sementara di sektor pariwisata, Yayasan Damandiri mendirikan dua unit usaha sekaligus yakni objek wisata Dieng Garden serta Warung Cafe Damandiri.

Lihat juga...