DKI Sediakan Tiga TPU untuk Pemakaman Jenazah COVID-19

Petugas yang mengenakan APD membawa peti berisi jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Kamis (21/1/2021) – foto Ant

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta, saat ini sudah memiliki tiga Taman Pemakaman Umum (TPU), untuk memakamkan jenazah dengan COVID-19. Pemakaman tersebut adalah, Tegal Alur, Bambu Ulung, dan di Srengseng Sawah 2.

“Unit non muslim di Tegal Alur dan unit muslim di Bambu Ulung yang terpakai. Sekarang ditambah jadi ada tiga, termasuk Srengseng Sawah 2,” kata Kepala Pusat Data dan Informasi (Kapusdatin) Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Ivan Murcahyo, Senin (1/2/2021).

Untuk TPU Tegal Alur, jumlah petak makam non muslim tersisa sekitar 170 lubang kubur. Sedangkan di TPU Bambu Apus masih ada 300 petak makam blok muslim, dari 800 kuburan yang disiapkan Pemda DKI. “Srengseng Sawah 2, kemarin baru buka kapasitasnya ada 1.020 petak, kemarin baru terpakai 10 sampai 20 petak,” tuturnya.

Ivan menuturkan, ketiga TPU dengan pemakaman protokol COVID-19 itu masih menerima pemakaman dengan sistem tumpang, atau  yang ditumpuk dengan keluarga. “Sementara untuk pemakaman baru, yang enggak ada keluarga atau enggak ada lokasi yang bisa ditumpuk, kami siapkan lokasi baru di tiga lokasi itu,” tuturnya.

Meski demikian, saat ini Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI tengah menyiapkan lima TPU untuk pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19 di Jakarta. “Di Srengseng Sawah 2, Tegal Alur Jalan Sahabat, Rorotan, Kramat 3, sama Dukuh itu tetap kami masih siapkan,” ucap Ivan.

Untuk TPU Rorotan, saat ini masih dalam persiapan dan ditargetkan akan rampung pada pertengah Februari 2021 mendatang, dan bisa dipakai untuk memakamkan jenazah pasien konfirmasi COVID-19. TPU Serengseng Sawah sendiri, bisa menerima jenazah untuk pengiriman dari wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat.

Sedangkan TPU Bambu Apus dapat menerima jenazah COVID-19 dari wilayah Jakarta Utara, serta juga Jakarta Timur. “Jadi dua titik ini cukup bisa mengakomodasi supaya tidak terlalu jauh transfer jenazah dari masing-masing wilayah kota,” jelasnya.

Ivan mengungkapkan, TPU Rorotan, digunakan untuk memakamkan COVID-19 jika TPU Bambu Ulung dan Tegal Alur sudah penuh dan tak bisa menerima jenazah pasien COVID-19. (Ant)

Lihat juga...