‘Floating Golf’, Serunya Bermain Golf di Atas Air

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Ada cara asyik dan mudah untuk belajar bermain golf. Kita bahkan tidak perlu ke lapangan golf yang luas, sembari membawa peralatan olahraga tersebut. Namun cukup datang ke floating golf Grand Maerakaca, kawasan Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) Jateng di Semarang.

Sesuai namanya, masyarakat yang ingin belajar atau olahraga golf akan diajak mencoba permainan tersebut di atas keramba apung. Hasilnya, tidak hanya serunya bermain golf, namun juga diajak untuk menikmati pemandangan yang ada.

Floating golf ini menjadi daya tarik baru di Grand Maerakaca Semarang. Jadi pengunjung tidak hanya berwisata, namun juga dapat berolahraga di sini. Ini juga melengkapi fasilitas olahraga lain yang ada di Grand Maerakaca seperti trek olahraga bersepeda, senam, joging, perahu dayung, dan beragam jenis olahraga lainnya,” papar Direktur PT PRPP Jawa Tengah, Titah Listyorini saat dihubungi di Semarang, Jumat (26/2/2021).

Dipaparkan, wahana tersebut sebagai upaya pengelola untuk menarik minat pengunjung di tengah pandemi covid-19.

“Masyarakat yang ingin belajar atau berolahraga golf, cukup datang ke Grand Maerakaca, segala peralatan sudah kita siapkan. Tidak perlu khawatir juga dengan kebersihannya, sebab setiap selesai digunakan, stick atau tongkat golf langsung kita bersihkan agar tetap bersih atau steril,” terangnya.

Tidak hanya itu, penerapan protokol kesehatan (prokes), juga tetap diberlakukan saat bermain golf. Termasuk wajib menggunakan masker.

“Setiap pengunjung yang datang, sebelum memasuki Grand Maerakaca, juga kita cek suhu badan dan kita minta mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Ini juga bagian dari upaya kita, untuk menjaga kesehatan pengunjung dari paparan covid-19,” tegasnya.

Sementara, supervisor floating golf Grand Maerakaca Semarang, Chakalica Widyadipraja, memaparkan melalui wahana tersebut, pengunjung akan diajak bermain mini golf.

Supervisor floating golf Grand Maerakaca, Chakalica Widyadipraja, saat ditemui di sela kegiatan, Jumat (26/2/2021). Foto: Arixc Ardana

“Kenapa mini golf, karena olahraga ini dapat dimainkan di mana saja, baik indoor atau outdoor. Selain itu, juga tidak memerlukan tempat atau lapangan yang luas. Termasuk di atas keramba apung ini,” paparnya.

Meski mini, namun dalam olahraga tersebut, setiap pemain atau pengunjung tetap akan bermain layaknya permainan golf pada umumnya. Namun hanya berfokus ke putting atau hole utama.

“Pengunjung juga akan kita ajari mulai dari cara pegang stik, hingga cara memukul bola dengan benar. Termasuk juga kita jelaskan istilah-istilah dalam permainan golf, sehingga pengetahuan atau wawasan mereka juga bertambah terkait olahraga ini,” tandasnya.

Sementara, salah seorang pengunjung Ahmad Rifai memaparkan mengaku senang dengan adanya floating golf, sebab bisa belajar tentang olahraga tersebut.

“Senang, sebab sebelumnya tidak pernah bermain golf. Dengan adanya ini jadi tahu banyak, tadi juga diajari bagaimana memukul bola, memilih tongkat golf yang sesuai, posisi badan saat memukul dan lainnya. Ternyata memang tidak mudah, namun mengasyikkan juga,” terangnya.

Dirinya pun berharap floating golf tersebut, bisa menjadi alternatif pilihan olahraga di tengah pandemi covid-19.

“Ini jenis olahraga outdoor, peralatannya juga selalu dibersihkan. Meski ada empat arena mini golf, juga dilakukan pembatasan. Jadi mudah-mudahan ini menjadi pilihan olahraga sehat, di tengah pandemi covid-19,” pungkasnya.

Lihat juga...