Guru di Bekasi Diminta Buat Sistem Pembelajaran Efektif dalam Proses Daring

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, meminta para Guru membuat sistem pembelajaran yang kreatif dan efektif, dalam meningkatkan efetifitas peserta didik aktif, saat proses pembelajaran daring atau PJJ di masa pandemi Covid-19.

“Saat ini ada sistem e-learning sebagai alternatif pembelajaran, di masa pandemi Covid-19 merupakan hal yang tepat, karena sistem e-learning yang tidak memiliki batasan akses,” ujar Inay, Kamis (11/2/2021).

Menurutnya, melalui e-learning memungkinkan pembelajaran dapat dilakukan lebih banyak waktu dan tidak memerlukan tatap muka langsung, mengingat adanya social distancing dan kebijakan lainnya terkait protokol kesehatan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah.

Masa seperti ini, lanjut Inay, guru dituntut memiliki kreatifitas dalam menciptakan keefektifan pembelajaran daring. Guru tegasnya tidak boleh kaku .

Dia berharap guru mampu dalam menerapkan kurikulum yang ada di tengah keterbatasan sekarang ini. Tapi, jangan sampai memberikan beban kepada para siswa. Karena semua metode yang diterapkan tidak lain untuk memudahkan bagi peserta didik.

“Karena tujuannya dari semua metode yang dilaksanakan ialah untuk memudahkan belajar, jika menambah beban, justru akan membuat motivasi siswa dalam pembelajaran ditengah kondisi seperti ini menjadi menurun,” paparnya.

Hanya dengan metode yang baik, memberikan respons, membuka ruang dialog secara demokratis, itu yang bisa dilaksanakan dalam proses belajar mengajar di tengah pandemi seperti sekarang ini.

“Jika perlu boleh diselingi humor tiap tugas harus ada balikan (feed back), beri instruksi yang jelas, memberikan balikan dan bimbingan dan jika siswa masih belum paham yang intinya tidak terlalu kaku, bisa santai namun serius dalam memberikan materi pembelajaran,” tukasnya.

Dia meminta guru bisa menyesuaikan karakteristik peserta didik agar pembelajaran tidak begitu membosankan dan peserta didik dapat memahami materi. Membangun kesadaran serius belajar dari peserta didik, dan perlu diimbangi dengan guru untuk mengontrol pembelajaran secara berkala.

Caranya tambah Inay, dengan memberikan stimulus respon kepada siswa pada saat pembelajaran jarak jauh ini karena pada dasarnya hal ini memerlukan adaptasi didalam penerapannya ditengah segala keterbatasan, kebijakan, kebutuhan yang ada.

Lihat juga...