Jaga Ketersediaan Ikan, 5.000 Benih Ditebar di Sungai Musi

PALEMBANG  – Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, kembali melakukan penebaran benih ikan di Sungai Musi sebagai salah satu upaya pelestarian dan peningkatan produksi perikanan di ibu kota Provinsi Sumatera Selatan itu.

Benih ikan yang ditebar Wakil Wali Kota Fitrianti di perairan Sungai Musi Palembang, Senin, dlakukan dari atas kapal sebanyak 5.000 ekor jenis tembakang.

Sebelumnya September 2020 Fitrianti Agustinda bersama sejumlah tokoh pemuda dan komunitas pecinta lingkungan di Bumi Sriwijaya menebar 7.000 ekor benih ikan tembakang di Sungai Musi dengan menggunakan armada bus air.

Menurut dia, pihaknya terus berupaya melakukan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi untuk menjaga ketersediaan ikan di perairan tersebut.

Ia mengatakan kegiatan penebaran benih ikan terutama yang jenisnya tergolong langka pada tahun-tahun berikutnya diupayakan lebih gencar lagi sebagai upaya pencegahan dari kepunahan dan meningkatkan produksi ikan untuk memenuhi kebutuhan warga kota setempat.

Dengan kegiatan penebaran benih ikan (restocking)tersebut, lanjutnya, diharapkan beberapa jenis ikan di provinsi ini yang terancam punah bisa terus ada dan berkembang secara alami.

Selain ikan tembakang sebagai upaya pelestarian sejumlah jenis ikan yang mulai jarang atau sulit ditemukan, pihaknya juga berupaya menebar benih ikan langka seperti ikan belida dan jelawat.

“Benih ikan yang ditebar tersebut diharapkan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan harapan bersama sehingga warga kota ini bisa terus mengonsumsi ikan terutama beberapa jenis yang mulai jarang ditemukan di pasaran,” ujar Wakil Wali Kota Fitrianti. (Ant)

Lihat juga...