Jalan Akses di Distrik Witawaya Jayawijaya Tahun Ini Dibuka

Salah satu jembatan penghubung perkampungan di Distrik Witawaya – Foto Ant

WAMENA – Dinas Perhubungan Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, di 2021 ini akan membuka jalan di kampung yang menjadi sentra pertanian. Hal itu untuk mempermudah warga memasarkan hasil pertanian, seperti sayur hasil panen ke pusat kota.

“Tahun ini (2021), hanya ada satu pembangunan jalan yang disetujui yaitu di  Distrik Witawaya,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Jayawijaya, Pardomuan Harahap di Wamena, Ibu Kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu (17/2/2021).

Sebelumnya, dinas perhubungan Jayawijaya mengusulkan 10 lebih pengerjaan jalan. Tetapi hanya satu yang kemungkinan disetuji. Hal itu dikarenakan keterbatasan dana, akibat penanganan COVID-19. “Tetapi yang disetujui satu ini saja, karena kaitannya dengan anggaran di pusat,” katanya.

Pihaknya sudah melengkapi data-data yang dibutuhkan untuk pengerjaan jalan tersebut. Seluruh data itu disampaikan melalui aplikasi secara daring. “Semua sekarang harus didukung dengan data dukung di aplikasi, jadi tidak bisa seperti dahulu lagi. Kita harus lengkapi data dukung titik koordinat dengan segala macam seperti foto-foto, tetapi yang itu kita sudah lengkapi tetapi kendalanya di anggaran,” katanya.

Pardomuan tidak menyebutkan pajang ruas jalan baru yang hendak dikerjakan. Namun ia memastikan, tidak sampai puluhan kilometer. “Tidak sampai puluhan kilometer, karena jalan antar kampung, karena ini jalan non status yang kita kerjakan. Jalan strategis maksudnya,” katanya.

Jalan dinilai strategis, karena ada sentra produksi, sehingga dihubungkan supaya akses itu bisa terbuka dan masyarakat bisa memasarkan hasil pertanian dengan lebih mudah. Sekaligus membuka akses transportasi di lokasi tersebut. Pengerjaan jalan masih menunggu proses lelang yang diharapkan dalam waktu dekat sudah dilakukan. (Ant)

Lihat juga...