Jalan Rusak di Kaligawe Semarang Mulai Diperbaiki

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Jalan rusak di sepanjang jalan Kaligawe Kota Semarang, mulai diperbaiki. Sebelumnya, jalan penghubung antara Kota Semarang dan Kabupaten Demak tersebut rusak parah, akibat terendam banjir yang melanda wilayah tersebut selama berhari-hari.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan lalu lintas kendaraan berat, terutama truk, yang cukup tinggi. Akibatnya kerusakan parah pun terjadi, bahkan ada beberapa lubang yang cukup dalam sehingga membahayakan pengguna jalan.

“Saya sebagai warga sekaligus pengguna jalan di Kaligawe, tentu senang, jalan rusak sudah mulai ditambal, karena kerusakannya cukup parah. Bahkan sebelumnya, banyak kendaraan yang terperosok dalam lubang jalan,” papar Asrori, warga Semarang, saat ditemui, Selasa (16/2/2021).

Ditambahkan, jalan Kaligawe tersebut sangat vital karena menjadi akses utama menuju ke Kabupaten Demak dan sebaliknya, dari Kabupaten Demak ke Kota Semarang.

“Banyak pengendara luar kota yang kena ‘ranjau’ jalan atau jalan rusak ini, karena mereka tidak tahu. Apalagi saat banjir dan air menutupi lubang jalan,” tambahnya.

Terpisah, perbaikan jalan rusak akibat musim hujan juga menjadi prioritas Pemprov Jateng, untuk segera diperbaiki. Hal tersebut ditegaskan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dalam Rakor Kebencanaan di Gubernuran Jateng, Semarang, Selasa (16/2/2021).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, usai Rakor Kebencanaan di Gubernuran Jateng, Semarang, Selasa (16/2/2021). Foto: Arixc Ardana

“Jalan rusak yang ada di sepanjang jalur pantai utara jawa (pantura), saya minta untuk segera diperbaiki. Ini harus direspon cepat agar tidak berdampak buruk bagi pengguna jalan. Sudah banyak keluhan yang disampaikan masyarakat,” terangnya.

Dirinya pun meminta kepada Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VII Jateng-DIY, untuk melakukan patroli pengecekan kondisi jalan di sepanjang Pantura. “Kalau belum bisa dibangun ya kasih tanda biar tidak bikin celaka. Kita siap bantu,” tegasnya.

Bila tidak, lanjut Ganjar, BBPJN VII Jateng-DIY bisa mencari alat yang sifatnya digunakan untuk pemeliharaan.

“Maka saya minta patroli tingkatkan, pengamat jalan pengawas jalan semuanya tingkatkan, betul-betul respon cepat. Apalagi sekarang ada genangan yang seringkali tidak kelihatan yang membahayakan pengguna jalan, maka saya minta per hari ini, minggu ini pokoknya semua harus serentak, genjot semuanya. Saya tidak peduli itu kota, kabupaten, provinsi atau pusat, saya koordinasikan hari ini,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jateng, Hanung Triyono menuturkan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan percepatan perbaikan jalan, dengan menambah tenaga.

“Kami juga percepat proses lelang konstruksi dan pengadaan bahan untuk pemeliharaan rutin. Kita targetkan pada akhir Februari 2021 ini sudah kontrak,” tegasnya.

Lihat juga...