Jelang Kunjungan Presiden, Wartawan di Sikka Jalani Rapid Antigen

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Sesuai protokol kesehatan dalam rangka meliput kunjugan Presiden Joko Widodo ke Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dijadwalkan Selasa (16/2/2021), para awak media yang akan meliput diwajibkan menjalani pemeriksaan rapid antigen.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, NTT, Petrus Herlemus saat ditemui di Labkesda Dinas Kesehatan di Kota Maumere, Minggu (14/2/2021). Foto : Ebed de Rosary

Pemeriksaan rapid antigen dilaksanakan di Labaoratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka dan diikuti oleh 17 wartawan yang bertugas di Kabupaten Sikka.

“Hari ini kita lakukan rapid antigen bagi para wartawan sebanyak 17 wartawan sesuai protokol kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka, NTT, Petrus Herlemus saat ditemui di Labkesda Sikka, Kota Maumere, Minggu (14/2/2021).

Petrus menambahkan, untuk 3 wartawan televisi yang akan meliput di tenda kepresiden akan menjalani pemeriksaan TCM besok, Senin (15/2/2021) di RS TC Hillers Maumere.

Disebutkannya, selain para wartawan, pemeriksaan rapid test juga telah dilakukan untuk para sopir mobil rombongan Paspanpres dan para pejabat yang juga telah dilakukan kemarin, Sabtu (13/2/2021).

“Hari ini selain wartawan, juga dilakukan pemeriksaan rapid antigen bagi staf Humas dan Protokol serta para sopir pejabat di Kabupaten Sikka yang ikut dalam rombongan. Juga rapid test bagi aparat Satpol PP,” ungkapnya.

Petrus menyebutkan, bila hasil test positif maka tidak diperkenankan untuk hadir mengikuti kegiatan presiden termasuk seorang sopir yang telah melaksanakan test dan diganti karena hasil tesnya positif.

Dia menambahkan, alat untuk rapid test stoknya masih tersedia di Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka sebanyak 700 buah dan mencukupi.

“Sementara stok untuk alat rapid test mencukupi. Kita berharap agar proses pemeriksaan kesehatan ini bisa selesai besok,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sikka, Very Awales menjelaskan, dalam kunjungan ke Kabupaten Sikka, Selasa (16/2/2021) Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Bendungan Napun Gete.

Very menambahkan, usai meresmikan bendungan, presiden bersama para pejabat akan melakukan penanaman secara simbolis anakan alpukat mentega di areal bendungan ini.

“Ada 10 anakan alpukat mentega yang akan ditanam secara simbolis di lokasi bendungan. Setelah itu akan ada 5 ribu anakan alpukat mentega yang akan ditanam di areal bendungan,” ungkapnya.

Disaksikan Cendana News, usai rapid test dan diperoleh hasil tidak ada wartawan yang positif Covid-19 dibuatkan surat keterangan mengenai hasil rapid antigen.

Surat tersebut pun dibawa awak media ke Markas Kodim 1603/Sikka untuk mendapatkan kartu tanda pengenal yang akan dipergunakan dalam liputan kunjungan presiden.

Lihat juga...