Kampung Tangguh Ruwa Jurai, Kearifan Lokal Tangkal Corona

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Pandemi Covid-19 yang belum berakhir mendorong kampung tangguh Ruwa Jurai dibentuk pada sejumlah desa.

Kepala Bagian Perencanaan (Kabagren) Polres Lampung Selatan, Kompol Parhan Ngara, menyebut kearifan lokal dalam menerapkan pola hidup sehat melibatkan berbagai unsur. Desa jadi ujung tombak upaya preventif pencegahan, penyebaran Covid-19.

Kearifan lokal yang dilakukan sebutnya dengan menggerakkan masyarakat bergotong royong. Bentuk gotong royong dalam pencegahan Covid-19 berupa upaya ketahanan pangan, pola hidup bersih dan sehat.

Kampung Tangguh Ruwa Jurai sebut Kompol Parhan Ngara dibentuk oleh Polres Lamsel dengan mendorong masyarakat ikut menangkal penyebaran Covid-19.

Upaya menangkal Covid-19 sebutnya dilakukan dengan memakai masker, menyediakan tempat cuci tangan, jaga jarak.

Tempat cuci tangan disediakan oleh pengelola pasar untuk pendisiplinan protokol kesehatan, Jumat (19/2/2021) – Foto: Henk Widi

Kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan individu serta lingkungan didorong untuk menjalani masa adaptasi kebiasaan baru. Upaya preventif penyebaran Covid-19 sebutnya juga diiringi dengan pencegahan potensi penyakit, bencana saat penghujan.

“Saat ini musibah pandemi Covid-19 juga diiringi dengan musim penghujan di mana banyak wilayah terimbas banjir, potensi bencana mengintai Lamsel sehingga masyarakat, pemerintah desa ikut waspada dengan kearifan lokal yang menjadi bagian dari kampung tangguh Ruwa Jurai,” terang Kompol Parhan Ngara di Desa Pematang Pasir, Ketapang, Lamsel, Jumat (19/2/2021).

Penerapan protokol kesehatan sebut Kompol Parhan Ngara wajib diterapkan pada semua tempat. Pada lingkup keluarga, masyarakat dan sejumlah tempat warga wajib disiplin menjaga kesehatan. Keberadaan satuan tugas penanganan Covid-19 dan fungsi Bhabinkamtibmas, Babinsa, ikut mendisiplinkan protokol kesehatan.

Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 didukung oleh sebanyak 17 desa di Kecamatan Ketapang. Madroi, camat Ketapang menyebut satgas Covid-19 kembali digencarkan pada sejumlah desa.

Meski Lamsel telah bebas dari zona merah penyebaran Covid-19 upaya preventif tetap dilakukan oleh berbagai elemen. Pengawasan dilakukan melibatkan unsur pemerintah, kepolisian dan TNI.

“Pencanangan kampung tangguh Ruwa Jurai di Desa Pematang Pasir menjadi penggerak bagi desa yang lain,”sebutnya.

Peningkatan derajat kesehatan saat pandemi Covid-19 yang gencar dilakukan diakui Samsu Rizal. Kepala UPT Puskesmas rawat inap Ketapang itu bilang, tenaga kesehatan telah menerima vaksin Sinovac. Meski demikian pendisiplinan prokes tetap dilakukan pada area publik seperti pasar, pusat perbelanjaan dan tempat ibadah.

Samsu Rizal, Kepala UPT Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan saat pendisiplinan protokol kesehatan di pusat keramaian pasar, Jumat (19/2/2021) – Foto: Henk Widi

Penyediaan tempat cuci tangan, jaga jarak, disiplin masker terus digencarkan. Di kampung tangguh Ruwa Jurai, peningkatan kebersihan lingkungan tetap jadi prioritas.

Sebab memasuki musim penghujan, potensi demam berdarah dengue (DBD), penyakit diare dan gatal bisa terjadi.

Kampung tangguh sebutnya juga mendorong warga menyediakan sumber pangan sehat melalui pemanfaatan pekarangan.

Lihat juga...