Kasus COVID-19 Banda Aceh Kembali Turun Setelah Sempat Meningkat

BANDA ACEH — Kasus positif COVID-19 di Kota Banda Aceh sempat meningkat sebanyak 21 kasus tiga hari lalu, namun pada Minggu ini kembali turun atau tidak ada penambahan kasus.

“Iya tiga hari lalu warga Banda Aceh yang positif COVID-19 bertambah, tapi hari ini turun, nol kasus hari ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Lukman di Banda Aceh, Minggu.

Lukman merincikan, penambahan 21 kasus dalam tiga hari itu yakni pada Kamis (11/2) 11 kasus, Jumat (12/2) sembilan kasus dan Sabtu (13/2) satu kasus.

Secara kumulatif, kata Lukman, hingga hari ini kasus positif COVID-19 Banda Aceh sudah mencapai 2.322 kasus, di antaranya 41 dalam perawatan, 81 meninggal dunia dan 2.200 orang dinyatakan sembuh.

Karena kasus meningkat, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meminta Tim Siaga COVID-19 memperketat pengawalan pelaksanaan protokol kesehatan di tempat-tempat publik.

“Dua pekan terakhir hanya satu dua kasus bertambah. Tapi, tiga hari ini kita cukup khawatir, saya terus memantau,” kata Aminullah Usman.

Aminullah menilai penambahan kasus beberapa hari ini bukan hal biasa, karenanya tim Satgas COVID-19 diharapkan memperketat pengawalan Peraturan Wali Kota Nompr 51 Tahun 2020 tentang Penegakan Hukum dan Disiplin Protokol Kesehatan.

“Kami minta di perbatasan itu dilakukan razia bagi yang tidak mengenakan masker, warga di tempat keramaian juga diminta untuk menjaga batas jarak satu sama lain,” ujarnya.

Aminullah juga mengimbau kepada warga Banda Aceh untuk melaporkan jika ada keluarga maupun tetangga dalam lingkungannya yang baru pulang dari luar kota.

“Jika ada tetangga, keluarga, sanak saudara yang baru saja tiba dari luar kota, segera sampaikan ke perangkat desa, agar tim dapat mengidentifikasi prosedur bebas COVID-19 sesuai ketentuan,” kata Aminullah. [Ant]

Lihat juga...