Kerusakan Jembatan Penghubung di Dermaga Feri Baubau Perlu Diperbaiki

KENDARI  – Para pengguna jasa penyeberangan kapal di dermaga Baubau-Waara (Sulawesi Tenggara) mengkhawatirkan kondisi mobile bridge (MB) atau jembatan penghubung saat feri sandar di dermaga yang kondisinya rusak, tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

“Ini harus cepat diantisipasi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujar salah seorang pengguna jasa, Mardin (41) saat menyeberang ke Waara (Buton Tengah), di Baubau, Minggu.

Mobile bridge dermaga yang menjadi tempat sandar kapal untuk menurunkan penumpang, kendaraan roda dua dan roda empat hingga kendaraan besar harus tetap dalam keadaan stabil.

“Kita lihat ini sudah berkarat parah, rawan jatuh. Mudah-mudahan pemerintah bisa secepatnya memperbaiki agar kenyamanan aktivitas penyeberangan lebih lancar dan aman,” harapnya.

Sementara, Kepala Seksi Operasi Pelabuhan Penyeberangan Baubau, LM Muhtar mengatakan, usulan perbaikan MB penyeberangan Baubau kepada Dinas Perhubungan Provinsi Sultra sudah pernah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, namun belum ada tanggapan.

“Sebelum-sebelumnya juga sering dari Dishub Provinsi turun meninjau, dan pekan depan (Senin-8/2) juga akan ditinjau lagi,” katanya.

Hal itu, menurutnya, pihak ASDP Baubau telah bersurat ke Dishub Sultra tentang kondisi MB yang tidak layak dioperasikan, baik untuk penumpang roda dua maupun kendaran roda empat.

Juga dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII-Provinsi Sultra telah bersurat kepada UPTD Pelabuhan Baubau-Waara.

Dalam surat Nomor:UM-002/001/I/SATPELZONAv/BPTD Sultra/2021 perihal perbaikan MB.

Atas kondisi MB saat ini, kata Muhtar, kapal feri ASDP jarang lagi bersandar di dermaga tersebut karena kondisi MB memgkhawatirkan. Sehingga muatan kendaraan-kendaraan berat diatas 10 ton dibatasi dilarikan ke pelencengan.

“Kita kan ada dua dermaga, ada MB dan ada pelencengan. Kalau di pelencengan agak susah sandarnya karena kondisi gelombang, sehingga alternatif sandarnya di sana (MB).

Selain MB, kondisi beberapa meter pagar pembatas dermaga juga sudah dalam keadaan rusak berat. (Ant)

Lihat juga...