Keseruan Wisata Foto Trik 3D, hingga Ilusi Mata Omah Kwalik

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SEMARANG — Bagi penggemar foto selfie, Old City 3D Trick Art Museum Semarang bisa menjadi rujukan wisata. Mengusung konsep spot foto dengan beragam latar belakang trik tiga dimensi (3D), obyek wisata yang terletak di kawasan Kota Lama ini, patut disinggahi.

Old City 3D Trick Art Museum sebenarnya bukan tempat wisata baru, karena sudah beroperasi mulai 1 Juli 2016, namun masih banyak wisatawan yang mengetahuinya. Apalagi selama awal pandemi covid-19 pada 2020 lalu, tempat tersebut juga tutup cukup lama.

“Setelah pemerintah kota (Pemkot) Semarang, membuka kembali izin operasional wisata ditengah pandemi, Old City juga dibuka kembali, seperti obyek wisata lainnya. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan bagi para pengunjung,” papar Indah, salah seorang pegawai obyek wisata saat ditemui, Minggu (21/2/2021).

Setiap pengunjung yang akan masuk, diwajibkan mencuci tangan terlebih dulu di wastafel yang sudah tersedia di pintu masuk. Mereka juga diwajibkan untuk memakai masker, dan dilakukan pengukuran suhu badan.

“Selain itu, pengunjung juga wajib mengenakan kaos kaki. Jika tidak membawa bisa membeli disini, harganya Rp5 ribu. Kita juga lakukan pembatasan jumlah pengunjung dalam waktu bersamaan, sehingga tidak penuh sesak di dalam,” terangnya.

Pihak Old City 3D Trick Art Museum menuturkan bahwa wahana ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan berwisata di Jateng, terutama di wilayah Semarang. Selain itu, pihak pengelola juga ingin menghidupkan kembali suasana Kota Lama, agar semakin semarak. Di samping itu, Semarang dipilih karena sebelumnya kota ini belum memiliki wahana foto semacam tersebut.

Tiket masuk untuk bisa berkunjung ke tempat tersebut wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp30 ribu per orang. Serunya, selama pandemi ini, pengelola juga tidak ragu memberikan diskon tiket bagi pengunjung, untuk menarik mereka agar berkunjung.

“Saya datang berlima, bersama suami dan tiga anak, namun hanya diminta membayar untuk tiga orang. Dua anak saya, mendapat diskon, karena usianya masih dibawah lima tahun,” papar Widiyanti, salah seorang wisatawan.

Diakuinya, baru pertama ini dirinya bersama keluarga berkunjung ke Old City 3D Trick Art Museum. Sebelumnya, mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan berjalan-jalan di kawasan Kota Lama.

“Di dalamnya, ternyata ada banyak tema untuk spot foto 3D, mulai dari tradisional, wisata khas Semarang, ikon wisata dunia, sudut kota-kota dunia, kartun, film, hingga lukisan.

Ada ratusan jenis background yang bisa digunakan oleh wisatawan, untuk berfoto dengan trik-trik tertentu sehingga foto yang dihasilkan seolah nyata, akibat efek dari konsep 3D yang diterapkan.

Salah satu yang menjadi favorit wisatawan yakni konsep Omah Kwalik, yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia bermakna rumah terbalik. Sesuai dengan namanya, spot foto ini menawarkan kepada wisatawan, untuk memasuki sebuah ruangan di dalam rumah, namun seluruh perkakas yang umum kita jumpai seperti lemari, meja kursi, dalam posisi terbalik.

Jika foto yang dihasilkan diputar balik, maka hasilnya, seolah-olah pengunjung tengah beraktivitas di ruangan tersebut, dengan kondisi melayang atau posisi terbalik.

“Seru juga, terutama di spot omah kwalik, karena ini juga baru pertama kali berkunjung kesini. Ada petugas juga yang mengatur waktu, sehingga pengunjung juga tidak berdesakkan. Mudah-mudahan dengan penerapan prokes yang baik, obyek wisata ini juga bisa menjadi pilihan di tengah pandemi covid-19,” terang Hamzah, pengunjung lainnya.

Lihat juga...