Kolong ‘Fly Over’ Pasar Rebo Dipercantik jadi Taman

Redaktur: Satmoko Budi

JAKARTA – Kolong fly over Pasar Rebo, Jakarta Timur dipercantik dengan aneka tanaman hias sehingga memberikan kesan indah dan enak dipandang mata setiap orang yang melintas di kawasan tersebut.

Kasi Kehutanan dan Jalur Hijau, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Atang Setiawan, mengatakan, penataan ini bertujuan untuk mempercantik area kolong fly over Pasar Rebo agar nuansanya lebih asri menambah keindahan pemandangan.

Adapun jenis tanaman yang menghiasi area kolong fly over tersebut, sebut dia, adalah gandarusa merah, pilo kuning, lili paris, ruelia dan jenis kucai.

“Penataan kolong fly over Pasar Rebo ini dilakukan untuk mempercantik, dan menambah keasrian lingkungan yang menyejukkan bagi orang yang melintas di area itu,” ujar Atang, kepada Cendana News saat dihubungi, Minggu (7/2/2021).

Kasi Kehutanan dan Jalur Hijau, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Atang Setiawan, di area kantor Wali Kota Jakarta Timur. Foto: Istimewa.

Sehingga menurutnya, masyarakat yang sedang menunggu angkot atau yang hendak menyeberang di perempatan lampu merah Pasar Rebo itu, bisa menghirup kesejukan udara dari rindangnya ragam tanaman.

Kan setiap hari di perempatan lampu merah itu selalu ramai orang melintas baik pejalan kaki maupun berkendaraan. Nah, kalau kolong fly over dipercantik, mereka jadi lebih nyaman, bisa jalan kaki di area taman itu sambil melihat tanaman hias,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ragam jenis tanaman hias itu ditanam di kolong fly over Pasar Rebo di lahan seluas 10×50 meter persegi. Sedangkan untuk merawat mengerahkan tim personel Satgas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur.

“Setiap hari, tanaman hias disiram oleh petugas kami dari tim kecamatan Ciracas. Tim juga merawat dengan menata terus area itu, agar lebih cantik,” ujarnya.

Atang berharap ke depan semua jalur hijau yang ada di Jakarta Timur tertata lebih rapi dengan dihiasi ragam tanaman hias. Sehingga jalur hijau tersebut menjadi lebih asri.

“Seperti, kolong bawah fly over itu kan jalur hijau, jadi harus ditata agar tidak kumuh. Jadi istilahnya taman hijau,” imbuhnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya juga telah merampungkan penataan taman di kolong fly over Pondok Bambu, area MRT Rawamangun, dan jalur hijau di Jalan Raya Halim Perdanakusuma.

Ke depan area bawah tol Becakayu juga akan dilakukan penataan dipercantik. Namun saat ini menurutnya, area tersebut masih berada di kewenangan kementerian belum diserahkan kepada pihak Walikota Jakarta Timur.

“Istilahnya belum ada serah terima, kepengurusannya masih di kementerian. Kalau sudah serah terima bisa kita tata, diperindah,” ujarnya.

Arfian (35), salah satu warga Cibubur mengaku dapat menghirup udara segar dari penataan kolong fly over, saat dirinya melintas untuk menyeberang jalan.

Menurutnya, sebelum area itu ada tanaman hias, terlihat sangat gersang dan kumuh. Namun kini menjadi lebih indah dan asri.

“Ya lebih asri, karena terlihat hijau di taman itu. Saya tadi berjalan di area taman kolong fly over itu,” ujar Arfian kepada Cendana News ditemui di sekitar area itu, Minggu (7/2/2021).

Begitu juga dengan Firman, warga Kampung Susukan mengaku senang area kolong fly over itu telah ditata dengan rapi. Ada jalur jalan-jalan di sekitar tamannya, sehingga orang yang akan menyeberang bisa melewati jalanan itu sambil memandang keindahan tanaman hias.

“Kalau saya sih suka sengaja lari-lari di area taman itu, ya olahraga sepuluh kali bolak-balik lari di sana kan sehat. Kebetulan rumah juga dekat, di seberang fly over ini,” pungkas Firman.

Lihat juga...