Korban Banjir di Desa Lenggahsari Mendapat Bantuan dari Berbagai Pihak

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Musibah di sejumlah wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terus mengundang bantuan dari berbagai kalangan. Salah satu seperti di desa Lenggahsari, Cabang Bungin, Kabupaten Bekasi sempat terjadi banjir hingga merendam beberapa kampung wilayah desa setempat.

Pantauan Cendana News, di desa Lenggahsari, Cabang Bungin, sejumlah kampung di Desa Lenggahsari masih terendam banjir, meski beberapa wilayah sudah mulai surut.

“Alhamdulillah bantuan terus berdatangan banyak yang peduli dari berbagai pihak, seperti pemuda, ormas, dan pemerintah sendiri. Salah satunya dari Forum Komunikasi Masyarakat Bekasi (FKMPB). Bantuan rata-rata sembako untuk dibagikan kepada warga berdampak banjir,” ungkap Kartawijaya warga dan juga selaku sekretaris BPBD Desa Lenggahsari, kepada Cendana News, Sabtu (13/2/2021).

Desa Lenggahsari diketahui berbatasan langsung dengan beberapa desa di Muargembong, ujung utara Kabupaten Bekasi, dan diapit dua aliran sungai, Kali Ciherang dan Sungai Citarum. Untuk ke lokasi, jarak tempuh hampir dua jam dari Kota Bekasi.

“Banjir dahsyat di Desa Lenggahsari, disebabkan luapan sungai Ciherang, dan Kali Citarum yang tanggalnya terjadi jebol. Dampak Citarum banyak di desa Pantai Bahagia, Muargembong yang berbatasan langsung dengan desa, “ungkap Karta.

Dikatakan bahwa Kali Ciherang, tepatnya di Dusun 1 RT 15, belum terbangun tanggul. Hal tersebut setiap hujan, atau debit Kali Ciherang meluap, maka pasti masuk ke Pemukiman warga di RT 15 dan berimbas ke Dusun 2 dan sekitarnya.

“Saat terjadi luapan Kali Ciherang, ada sembilan RT di Kampung Penggedoran dan Pangarengan, dusun II, warga terdampar ada 2000 orang lebih,” papar Karta, mengatakan jumlah warga di Dusun tempatnya mencapai tiga ribu lebih.

FKMPB Kabupaten Bekasi, menyalurkan bantuan dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, M. Nuh bagi warga di Desa Lenggahsari, Cabangbungin, Sabtu (13/2/2021). Foto: Muhammad Amin

Permintaan agar dibangun tanggul Kali Ciherang di wilayah kampung yang berbatasan langsung dengan Kali Ciherang disampaikan kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, M. Nuh, yang telah memberi bantuan agar dibagikan kepada warga terdampar di wilayah desa Lenggahsari.

“Perhatian pemerintah pusat, untuk tahun ini cukup banyak khusus perbaikan sungai. Tapi titik mana saja yang akan diperbaiki belum diketahui,” ucap M. Nuh, menanggapi permintaan warga Desa Lenggahsari.

Dia juga, minta warga Desa Lenggahsari, Cabangbungin, untuk mengajukan pembuatan sumur resapan dalam Musrenbang Desa. Ia juga meminta bisa diingatkan untuk mengawal perbaikan tanggul Kali Ciherang.

“Saya akan coba mengawal perbaikan tanggul Kali Ciherang di Kampung Lenggahsari,” ujarnya sambil meminta maaf atas kekurangan bantuan yang diberikan.

Lihat juga...