Kredit Macet, KUD Pelita Sejahtera Mandiri Kedepankan Asas Kekeluargaan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Dampak pandemi Covid-19 sejak setahun terakhir benar-benar dirasakan Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, selaku pelaksana program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Sebagai desa wisata yang mayoritas penduduknya bekerja di sektor pariwisata, banyak warga masyarakat di DCML Dieng Kulon, terpaksa tak bisa mendapatkan pemasukan akibat terdampak penurunan jumlah kunjungan wisatawan di kawasan dataran tinggi Dieng, sejak beberapa bulan terakhir.

Akibatnya, tak sedikit anggota sekaligus nasabah koperasi tak bisa membayar cicilan bulanan atas pinjaman modal usaha yang disalurkan unit usaha Modal Kita (Tabur Puja)Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon.

Hal tersebut diakui Manajer Umum Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, Elina. Ia menyebut sampai saat ini tercatat ada sekitar 60 persen anggota nasabah yang diketahui menunggak cicilan bulanan.

“Mayoritas anggota nasabah kami adalah para pedagang di kawasan wisata Dieng yang terdampak pandemi. Sehingga otomatis banyak di antara mereka yang kesulitan melakukan pembayaran angsuran. Kurang lebih ada sekitar 60 persen,” ujarnya, Jumat (26/2/2021).

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi tersebut, pihak koperasi sendiri, mengaku telah memberikan sejumlah toleransi dan keringanan pada anggota nasabah koperasi yang mengalami kesulitan tersebut. Mulai dari memberikan tenggat waktu pembayaran cicilan, hingga berbagai keringanan lainnya.

“Salah satu asas koperasi adalah gotong-royong dan kekeluargaan. Karena itu kita tidak serta merta memaksa anggota yang kesulitan untuk melunasi cicilan. Namun yang kita lakukan lebih pada melakukan pendekatan-pendekatan secara personal,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, meski baru dibentuk setahun lalu tepatnya November 2019, Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon terbukti telah mampu memberikan banyak manfaat bagi warga desa sekitar.

Melalui unit usaha Modal Kita (Tabur Puja), KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, hingga saat ini tercatat telah menggelontorkan dana modal usaha mencapai Rp714 juta lebih untuk pengembangan usaha warga di kawasan wisata dataran tinggi Dieng tersebut.

Manajer Umum KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, Elina, mengatakan hingga per bulan Januari 2021 lalu, pihaknya tercatat telah menyalurkan bantuan modal usaha sebanyak Rp714 juta. Bantuan dalam bentuk pinjaman itu disalurkan pada sekitar 334 nasabah/anggota koperasi yang tersebar di berbagai wilayah.

Sebagai koperasi binaan Yayasan Damandiri, KUD Pelita Sejahtera Mandiri Dieng Kulon, tak henti berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat di desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara Jawa Tengah.

Memanfaatkan potensi wisata yang ada, warga pun diberi akses pinjaman modal usaha melalui program Modal Kita, agar bisa memulai usaha.

Pemberian bantuan modal usaha yang diprioritaskan bagi warga kurang mampu ini, diharapkan akan dapat mengurangi sekaligus mengentaskan persoalan kemiskinan di Desa Dieng Kulon. Hal ini sesuai dengan prinsip dasar koperasi serta cita-cita pendiri Yayasan Damandiri,  Presiden Kedua RI, HM Soeharto.

Lihat juga...