Lezat dan Gurih ‘Iwak Manuk’, Rendah Kolesterol

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Daging unggas menjadi salah satu bahan pangan yang kerap diolah menjadi beragam menu kuliner. Satu di antaranya, iwak manuk atau daging burung puyuh. Meski ukurannya lebih kecil dibandingkan ayam, namun dagingnya memiliki tekstur yang empuk dan rendah kolesterol.

Layaknya olahan daging ayam, ada beragam resep yang bisa dicoba untuk menikmati cita rasa iwak manuk. Paling populer, iwak manuk bumbu ungkep. Selain bisa langsung dimakan, iwak bumbu ungkep tersebut juga bisa digoreng atau dibakar, untuk menciptakan cita rasa yang lain.

“Untuk membuat iwak manuk bumbu ungkep, bumbunya mudah didapat dan tidak terlalu sulit. Seperti daun jeruk, daun salam, ketumbar, kunyit, jahe, serai, bawang putih, soda kue, garam hingga merica,” papar Sutinah, warga Tembalang Semarang, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (6/2/2021).

Sutinah, warga Tembalang Semarang, saat ditemui di rumahnya, Sabtu (6/2/2021). Foto: Arixc Ardana

Dalam proses pembuatannya, bawang putih, kunyit, jahe, merica, dan ketumbar dihaluskan. Kemudian siapkan wadah berisi air. Masukkan bumbu halus, bersama daun jeruk, soda kue, serai.

“Rebus hingga mendidih, kemudian masukkan iwak manuk atau burung puyuh. Rebus hingga air berkurang, atau daging terasa empuk. Soda kue ditambahkan, juga agar daging iwak manuk lebih empuk,” tambahnya.

Iwak manuk ungkep itu bisa langsung dimakan bersama nasi hangat, lalapan dan sambal. Namun, bisa juga digoreng atau dibakar, untuk sensasi rasa lainnya. “Iwak manuk ungkep ini, juga bisa disimpan di kulkas, bisa tahan sampai seminggu, dalam kondisi beku. Nanti kalau mau makan, tinggal digoreng,” lanjutnya.

Dijelaskan, masakan iwak manuk ini juga bisa diterapkan pada daging ayam atau daging unggas lainnya. “Ini juga bisa menjadi cadangan lauk, karena bisa disimpan cukup lama di lemari pendingin, saat ingin makan bisa diambil dan digoreng atau dibakar,” lanjutnya.

Sementara, salah satu anaknya, Widiyanti memaparkan, tekstur daging iwak manuk yang lembut, tidak kalah dengan daging ayam.

“Biasanya ibu, membuat langsung banyak, kemudian dibagikan ke anak-anaknya untuk lauk di rumah. Rasa daging iwak manuk ini, meski tidak sebanyak ayam, karena ukurannya lebih kecil, tetap enak dan gurih. Selain itu juga empuk,” terangnya.

Tidak hanya itu, daging iwak manuk juga termasuk rendah kolesterol, jadi aman bagi mereka yang memiliki penyakit kolesterol dan menghindari makan daging.

Lihat juga...