Lima Tips Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Kanker serviks merupakan salah satu kanker yang saat ini menjadi momok bagi kaum wanita. Sehingga penting untuk melakukan pencegahan sejak dini. Apa saja pencegahan yang bisa dilakukan?

Spesialis Penyakit Dalam, yang juga konsultan Hematologi Onkologi Medis, Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM,  dalam sebuah acara penyaluran bantuan deteksi dini salah satu perusahaan produk kecantikan ke Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat, Selasa (23/2/2021), menyebutkan beberapa tips mencegah kanker servick.

“Vaksinasi HPV sedini mungkin atau sebelum melakukan hubungan seksual secara aktif,” jelasnya.

Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM, saat menjelaskan tentang kanker serviks dalam acara penyaluran bantuan deteksi dini ke Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Pusat, Selasa (23/2/2021). -Foto Ranny Supusepa

Berikutnya, menghindari seks berisiko, dengan tetap melakukan pengaman saat melakukan hubungan seksual. Hindari pula hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan agar risiko terkena infeksi HPV bisa diminimalisir.

Lalu, hindari kebiasaan merokok. Tercatat wanita perokok memiliki risiko 3–4 kali lebih besar untuk terkena kanker serviks. Karena kebiasaan merokok membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah dalam melawan virus HPV. Selain itu, kandungan karsinogen yang terdapat pada rokok dapat membuat aktivitas virus HPV di serviks meningkat. Virus HPV pun juga dapat bergerak lebih cepat menuju sel serviks.

Selanjutnya, menerapkan pola makan dan pola hidup yang sehat, sejak awal. Konsumsi makanan sehat dapat dimulai dengan makan banyak buah dan sayuran setiap harinya. Hindari pula makanan olahan yang kebanyakan tinggi kalori tapi rendah nutrisi.

Dan, terakhir, menjaga berat badan ideal, yang tidak hanya mencegah kanker serviks tapi juga jenis kanker lainnya. Menjaga berat badan ideal dapat dilakukan dengan membiasakan diri melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur, misalnya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari.

“Pencegahan kanker serviks dapat berhasil dengan sangat baik jika dimulai sejak dini. Oleh karena itu, penting untuk tahu apa yang perlu dilakukan dan perbaiki segera guna mencegah kanker serviks,” pungkasnya

Lihat juga...