Lumernya Durian Goreng, Menghangatkan Tubuh Kala Penghujan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Buah durian di kota Bandar Lampung tidak hanya menjadi salah satu varian kuliner untuk disantap langsung. Sebagian warga bahkan mengolahnya menjadi minuman, makanan. Seperti yang dilakukan Stevani, salah satu warga Teluk Betung yang mengolahnya menjadi durian goreng (durgor). 

Bahan yang digunakan di antaranya durian matang yang akan lumer saat digoreng. Kemudian, bahan pelengkap berupa terigu, susu cair, telur ayam, keju.

“Semua bahan dicampurkan dalam wadah, selanjutnya diremas memakai tangan hingga merata, bisa dilakukan memakai alat mixer,” terang Stevani saat ditemui Cendana News, Sabtu (13/2/2021).

Stevani bilang adonan yang telah dibuat diberi campuran minyak goreng dengan kekentalan menyesuaikan adonan. Semua adonan yang dibuat selanjutnya dibuat menjadi dadar menggunakan teflon. Pembuatan dadar adonan semua bahan tersebut persis seperti pembuatan kue dadar gulung.

Kulit pelapis dalam bentuk dadar yang telah dingin selanjutnya akan diisi memakai daging buah durian. Kulit pelapis dibentuk menjadi kotak atau dibentuk seperti pembuatan pangsit sesuai selera. Agar lebih kuat melapisi daging buah durian bahan dicelup pada putih telur yang telah disiapkan.

“Kulit yang telah diisi daging buah durian selanjutnya dimasukkan dalam freezer lemari pendingin selama setengah jam,” bebernya.

Semua adonan dicampur dengan daging buah durian digoreng oleh Stevani warga Teluk Betung, Bandar Lampung memanfaatkan melimpahnya buah durian, Sabtu (13/2/2021). Foto: Henk Widi

Setelah beku bahan tersebut digoreng memakai minyak panas dalam wajan. Gunakan api sedang agar tidak mudah gosong. Durian goreng akan matang ditandai dengan kulit pelapis yang menguning. Bagian dalam akan mengembang menciptakan kesan lumer. Setelah matang durian goreng bisa disajikan dengan teh hangat atau kopi.

Christeva, anak Stevani menyebutkan, durian goreng yang tersaji hangat akan lumer saat dibuka bagian kulit. Sensasi renyah bagian kulit berbahan tepung roti meciptakan rasa crispy saat disantap.

“Aroma wangi muncul ketika bagian kulit digigit dan lumernya buah durian terasa di lidah,” bebernya.

Christeva bilang saat musim penghujan durian goreng jadi pilihan kuliner lezat. Rasa hangat berpadu dengan aroma khas durian menggugah selera. Ia kerap minta dibuatkan durian goreng agar bisa dinikmati saat pagi dengan secangkir teh manis. Kuliner tersebut semakin cocok disajikan untuk mengurangi udara dingin saat penghujan.

Pasokan buah durian untuk disantap segar, dibuat beragam kuliner disediakan Sukirman. Pedagang di Jalan Raden Imba Kusuma, Bandar Lampung itu menjual puluhan butir durian setiap hari. Durian dijual olehnya perbutir mulai harga Rp40.000 hingga Rp100.000 tergantung ukuran.

Lihat juga...