Masjid YAMP At Taqwa Kalasan, Terus Berkiprah untuk Umat

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Hari ini Rabu, 17 Februari 2021,  tepat 39 tahun Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) berkiprah dalam membangun dan membina 999 masjid di Indonesia.

Bakti luar biasa tersebut adalah ide dari almarhum Presiden ke-2 RI H.M Soeharto dengan menginisiasi umat Islam untuk bergotong royong dengan cara bersedekah/beramal jariyah dari Rp50 sampai dengan terbesar Rp1.000 untuk para PNS dan Rp2.000 untuk Pati ABRI yang beragama Islam.

Sekarang masjid YAMP di berbagai daerah di Indonesia masih berdiri kokoh, terawat tanpa ada perubahan fisik meski terus dilakukan pengembangan tapi tanpa mengubah arsitektur asli untuk terus mensyiarkan agama Islam demi kemaslahatan umat.

Salah satunya seperti Masjid At Taqwa yang dibangun oleh YAMP di wilayah Kalasan yang berdekatan langsung dengan Bandara Adi Sucipto Yogyakara, saat ini telah memiliki tempat pendidikan Islam terpadu dari tingkat TK, SD hingga SMP.

“Masjid YAMP At Taqwa yang kami kelola di Kalasan, tetap mempertahankan keasliannya. Saat ini kami tengah membangun untuk pendidikan jenjang SMA,” ujar Sri Haryatmo, pengelola Masjid YAMP Kalasan, dikonfirmasi Cendana News, Rabu (17/2/2021).

Sri Haryatmo, pengelola Masjid At Taqwa atau Masjid YAMP Kalasan, dikonfirmasi Cendana News, Rabu (17/2/2021). -Foto: M. Amin/HO-Dok Sri Haryatmo

Untuk bangunan masjid masih asli sejak tahun 1998 selesai dibangun tanpa ada perubahan. Namun imbuhnya, saat ini sudah ada penambahan serambi di sisi selatan masjid karena berdekatan dengan sekolah.

Diketahui Masjid YAMP Kalasan Yogyakarta berdiri di atas lahan 11 ribu meter persegi, yang dulunya memang diperuntukkan sebagai Islamic Centre wilayah timur, Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut. Selain serambi juga ada bangunan rumah untuk penjaga masjid.

“Saat ini, yang belum hidup memang pembinaan ekonominya, masih dalam rintisan. Karena masih fokus membangun sekolah tingkat SMA,” tukasnya.

Bangunan SMA pun dibangun atas bantuan berbagai donatur yang peduli akan pendidikan di lingkungan sekitar baik melalui proposal atau datang langsung.

Sementara itu, Sri Suyatmo, mengatakan, selama pandemi Covid-19 beberapa aktivitas dakwah ikut berhenti seperti pengajian rutin sebulan empat kali atau lainnya. Namun untuk TK Islam masih dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Prasasti pendirian Masjid YAMP At Taqwa Kalasan. -Foto: M. Amin/HO-Pengurus Masjid At Taqwa

Dikisahkan,  lahan tempat Masjid YAMP Kalasan berdiri sudah ada sejak tahun 1982, dan berkat Almarhum Bapak Sihun, Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila mendonasikan bangunan masjid di areal tersebut pada tahun 1997 dan jadi pada tahun 1998.

“Tujuan awalnya Masjid YAMP Kalasan sebagai masjid di Islamic Center di wilayah Yogyakarta bagian timur,” jelas Sri.

Hingga saat ini pengurus masjid YAMP di beberapa daerah wilayah Yogyakarya masih terus menjalin silaturahmi, berkumpul bersama di satu masjid secara bergiliran setiap bulannya.

“Kami pengelola masjid YAMP di Yogyakarta ada perkumpulan grup WA, setiap bulan sekali bertemu di masjid YAMP di beberapa daerah, untuk membahas masalah dakwah dan lainnya,”pungkasnya

Lihat juga...