MCL35M, Mobil F1 Mclaren Baru yang Bermesin Mercedes

Mobil McLaren yang baru, MCL35M – foto Ant

JAKARTA – McLaren, menjadi tim pertama yang memperkenalkan mobil baru mereka untuk Formula 1 musim 2021. Senin (15/2/2021), mereka menyibak tirai penutup mobil MCL35M, yang akan dikendarai oleh Daniel Ricciardo dan Lando Norris di tahun ini.

Sekilas, MCL35M terlihat serupa dengan pendahulunya, MCL35, yang dibalut warna khas McLaren, papaya orange berpadu dengan warna biru. MCL35M menggunakan sasis 2020, yang dimodifikasi untuk mendesain mobil mereka tahun ini, sebelum pengenalan mobil yang sama sekali baru untuk 2022.

Namun demikian, perubahan besar terdapat di bagian dapur pacu MCL35M, karena McLaren saat ini beralih menggunakan power unit Mercedes. Hal yang untuk pertama kalinya terjadi sejak 2014, dan menjadi satu-satunya tim yang berganti pemasok mesin di tahun ini.

Ricciardo, yang diboyong dari Renault untuk bergabung dengan McLaren dengan kontrak multi tahun, hadir di markas McLaren Technology Centre di Woking, Inggris bersama Norris, untuk melakukan peluncuran mobil baru mereka. “Luar biasa rasanya pada akhirnya bergabung dengan tim setelah begitu lama sejak konfirmasi pada Mei lalu. Saya sangat senang menjadi pebalap McLaren, dan sangat bersemangat untuk segera memulai,” kata Ricciardo.

“McLaren memiliki perjalanan yang luar biasa dalam beberapa tahun terakhir, dan saya menantikan untuk membantu tim ini menjaga momentum positif tersebut,” kata sang pebalap Australia.

Di 2020, McLaren melesat ke peringkat tiga konstruktor di tengah kompetisi tim papan tengah yang ketat, serta tantangan logistik di musim yang dipengaruhi pandemi COVID-19. Di saat regulasi 2021 cukup stabil, rivalitas antar tim diperkirakan akan tetap ketat seperti tahun sebelumnya.

Sementara itu Norris, akan menjalani musim ketiganya bersama McLaren, setelah menyaksikan musim terbaiknya tahun lalu. Pebalap Inggris itu meraih podium untuk pertama kalinya di F1. “Saya sangat senang bisa kembali bekerja dengan tim jelang musim ketiga saya di F1,” kata pebalap berusia 21 tahun itu.

“Setiap kali saya masuk ke mobil, saya merasa saya semakin percaya diri dan berpengalaman, yang membantu saya membangun penampilan saya dari tahun ke tahun. 2021 akan menjadi tahun yang menantang, sekali lagi di trek dengan kompetisi yang ketat, tapi saya akan tetap fokus kembali membalap dan memberikan yang terbaik,” tandasnya.

Kepala tim McLaren, Andreas Seidl yakin, jajaran pebalap mereka tahun ini merupakan salah satu yang paling kompetitif di grid. “Dengan keduanya berada di balik kemudi MCL35M, kami tahu kami memiliki tim yang memberikan komitmen total, dalam mengejar performa di atas trek di saat kami menuju musim 2021,” ujarnya.

Ricciardo dan Norris, akan mengendarai MCL35M untuk sesi pengambilan gambar di Silverstone pada Selasa (16/2/2021), sebelum benar-benar menguji mobil baru mereka di tes pramusim yang akan berlangsung di Bahrain pada 12-14 Maret. Sirkuit Internasional Bahrain, juga akan menjadi tuan rumah seri pembuka musim ini pada 28 Maret nanti. (Ant)

Lihat juga...