Memancing Tepi Pantai Rekreasi Alternatif Pengisi Akhir Pekan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Akhir pekan jadi pilihan untuk melakukan kegiatan rekreatif salah satunya dengan memancing di tepi pantai. Ferdiansah, warga Rajabasa, Lampung Selatan menyebut memilih kegiatan memancing setelah bekerja selama sepekan. Kegiatan mencari ikan dengan alat tangkap pancing sekaligus menjadi kesempatan menikmati suasana pantai.

Menggunakan joran tegak atau pole rode dengan cincin penggulung atau ring guide Ferdiansah memancing di lokasi yang dinilainya tepat. Ia memilih pantai De Mansion, salah satu objek wisata yang sebelumnya dikenal dengan nama pantai Wartawan.

Bermodalkan alat pancing, umpan udang vaname ia memakai tekhnik rock fishing, memancing pada tepi tebing berbatu yang menjorok ke laut. Lokasi pantai De Mansion sebutnya jadi favorit bagi pemancing. Sebab meski ada di daratan namun berbentuk tanjung memudahkannya melakukan aktifitas memancing.

“Joran yang mudah dipanjangkan serta dipendekkan dengan senar gulung memudahkan proses melempar pancing dengan umpan sehingga mencapai perairan dalam tanpa harus memakai perahu, sembari memancing bisa bersosialisasi dengan teman dan sesama penghobi yang dikenal dengan angler,” terang Ferdiansah saat ditemui Cendana News, Minggu (21/4/2021).

Kontur tebing berbatu sebutnya harus dipilih yang nyaman. Sejumlah ikan yang diperoleh dengan tekhnik rock fishing menurutnya dari jenis selar, lapeh, baronang hingga kerapu. Berbagai jenis ikan tersebut memiliki ukuran sedang hingga besar. Saat beruntung ia bahkan bisa memperoleh ikan simba atau giant travelly yang berukuran besar. Suasana pantai sejuk, berombak tenang jadi pilihan bersantai sembari menunggu umpan disambar ikan.

Pemancing lain bernama Bambang menyebut mengajak serta anaknya. Aktivitas memancing jadi kegiatan rekreasi yang menyenangkan baginya karena berada di alam terbuka. Rutinitas bekerja sebagai pegawai swasta, anak yang belajar online selama pandemi Covid-19 membuat memancing jadi rekreasi alternatif. Ia memilih memancing dengan umpan ikan kecil dan udang di pantai De Mansion.

“Tujuan utama memancing untuk mendapat ikan, namun sebagai aktivitas yang rekreatif yang penting habis mancing pikiran jadi fresh,” cetusnya.

Solusi agar tetap bisa berbagi kebahagiaan dengan keluarga, Bambang mengaku tetap bisa pulang membawa ikan laut. Meski tetap mendapat ikan hasil pancingan, ia bisa membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Kegiatan rekreatif memancing dilakukan Bambang dan sang anak di pantai De Mansion, Way Muli, Rajabasa, Lampung Selatan pengisi waktu luang, Minggu (21/2/2021). Foto: Henk Widi

Lokasi memancing favorit bagi penghobi memancing dan destinasi rekreatif berada di Tanjung Tuha. Tanjung paling selatan di pulau Sumatera itu dipilih oleh Ujang dengan tekhnik ngoyor.

“Bagi kami mendatangi sejumlah spot memancing merupakan kegiatan rekreasi dan sangat membantu untuk merelaksasi pikiran, dapat ikan sebagai bonus,”cetusnya.

Lokasi memancing bagi penghobi yang ingin praktis ada di dermaga Muara Piluk, Bakauheni. Sopian, salah satu warga menyebut memilih rekreasi akhir pekan dengan memancing. Kegiatan tersebut dilakukan setelah lelah bekerja selama sepekan di pelabuhan Bakauheni.

Memancing menurutnya bisa mengurangi rasa penat, menyegarkan pikiran. Hasil ikan yang diperoleh bisa menjadi oleh oleh bagi keluarganya.

Ia kerap mengajak sang anak dan istri memancing di dermaga Muara Piluk. Sebab lokasi di tepi Selat Sunda menjadi tempat melihat aktivitas kapal hilir mudik dari Bakauheni ke Merak. Selain murah juga bisa menenangkan pikiran saat memancing.

Lokasi di dekat pusat pendaratan ikan memungkinkannya tetap pulang membawa ikan. Setelah memancing dan mendapat ikan, ia bisa mendapat tambahan dengan membeli ikan segar nelayan. Ikan kerap bisa dibakar pada warung makan yang menyediakan alat pembakaran.

Lihat juga...